KEBOSANAN HIDUP

Kebosanan hidup


Hikmahdanhikmah.com - Seorang pria mendatangi Sang Guru,''Guru,saya sudah bosan hidup,sudah jenuh betul,Rumah tangga saya berantakan,Usaha saya kacau,Apapun yang saya lakukan selalu berantakan.saya ingin mati''.

 Sang Guru tersenyum,Oh,kamu sakit''.Tidak Guru,saya tidak sakit,saya sehat.Hanya jenuh dengan kehidupan ini.itulah sebabnya saya ingin mati''.

 Seolah-olah tidak mendengar pembelaanya.Sang Master meneruskan,kamu sakit.Dan penyakitmu itu sebutanya,'Alergi Hidup'.ya,kamu alergi terhadap kehidupan''.

 Banyak sekali diantara kita yang alergi terhadap kehidupan.kemudian,tanpa disadari kita melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma- norma kehidupan. hidup ini berjalan terus.sungai kehidupan mengalir terus,tetapi kita menginginkan status-quo,kita berhenti ditempat,kita tidak ikut megalir.

itu sebabnya kita jatuh sakit.kita megundang penyakit.resistensi kita,penolakan kita untuk ikut mengalir bersama kehidupan membuat kita sakit.yang namanya usaha,pasti ada pasang surutnya.dalam hal berumah tangga,bentrokan-bentrokan kecil itu memang wajar,lumrah.persahabatan pun tidak selalu langgeng,tak abadi.apasih yang langgeng,dan yang abadi dalam hidup ini?

kita tidak menyadari tentang sifat kehidupan.kita ingin mempertahankan suatu keadaan.kemudian kita gagal,kecewa dan menderita...''Penyakitmu itu bisa disembuhkan,asal kamu ingin sembuh dan bersedia mengikuti petunjuk-ku''.

 Demikian Sang Master menyarankan.''Tidak Guru,Tidak.Saya sudah betul-betul jenuh''.Tidak'saya tidak ingin hidup.''pria itu menolak tawaran Sang Guru.

 ''Jadi kamu tidak ingin sembuh??'' Kamu betul-betul ingin mati?'' tanya Sang Guru ''Ya, memang saya sudah bosan hidup'',pria itu kukuh menjawab. ''Baik,besok sore kamu akan mati.

Ambilah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini,setengah botol lagi besok sore jam enam,dan jam delapan malam kau akan mati dengan tenang.

''Perintah sang Guru.Giliran pria tersebut bingung,Setiap Guru yang didatangi selama ini selalu berupaya untuk memberikannya semangat untuk hidup.Yang satu ini aneh.Ia bahkan menawarkan racun.tetapi,karena memang sudah betul-betul jenuh,ia menerimanya dengan senang hati. Pulang kerumah,ia langsung menghabiskan setengah botol racun yang disebut ''obat'' oleh Sang Guru EDAN itu.

Dan.ia merasakan ketenangan sebagaimana tidak pernah merasakan sebelumnya,begitu rileks,begitu santai!!! Tinggal 1 malam,1 hari,dan ia akan mati.Ia akan terbebaskan dari segala macam masalah.

Malam itu,ia memutuskan untuk makan malam bersama keluarganya direstoran Jepang.sesuatu yang sudah tidak pernah ia lakukan selama beberapa tahun terakhir.

Pikir-pikir ini malam terakhir,ia ingin meninngalkan kenangan manis.sambil makan,ia bersenda gurau,suasanapun menjadi santai banget! sebelum tidur,ia mencium bibir istrinya dan membisiki di kupingnya,''Sayang,aku mencintaimu.''Karena malam ini adalah malam terakhir,ia ingin meninggalkan kenangan manis!!'' Esoknya bangun tidur,ia membuka jendela kamar dan melihat keluar.

Tiupan angin pagi menyegarkan tubuhnya. Dan ia tergoda untuk jalan pagi.pulang kerumah setengah jam kemudian,ia menemukan istrinya masih tidur.Tanpa membangunkanya,ia masuk dapur dan membuatkan 2 cangkir kopi,Satu untuk dirinya ,satunya lagi untuk istrinya.Karena pagi itu adalah pagi terakhir,ia ingin meninggalkan kenangan manis.!! Dikantor,ia menyapa setiap orang,bersalaman dengan setiap orang.Stafnya pun bingung,''Hari ini,Boss kita kok aneh ya?''Dan sikap mereka pun langsung berubah.

Merekapun menjadi lembut.Karena itu adalah sing terakhir,ia ingin meninggalkan kenangan manis!!! Tiba-tiba,segala sesuatu disekitarnya berubah.Ia menjadi ramah dan lebih toleran,bahkan apresiatif terhadap pendapat pendapat yang berbeda.

Tiap-tiap hidup menjadi indah.ia mulai menikmatinya. Pulang kerumah jam 5 sore,ia menemukan istri tercinta menunnguinya diberanda depan.kali ini justru sang istri yang mencium kepadanya,''Sayang,sekali lagi aku minta maaf,kalau selama ini aku selalu merepotkan kamu.''Anak-anak pun tidak ingin ketinggalan,Pi'',maafkan kami semua.

Selama ini.Papi selalu stres karena perilaku kami.''Tiba-tiba,sungai kehidupannya mengalir kembali. Tiba-tiba,hidup menjadi sangat indah.ia mengurungkan  niatnya untuk bunuh diri.tetapi bagaimana dengan setengah  botol yang sudah ia minum,sore sebelumnya? Ia mendatangi Sang Guru lagi.

Melihat wajah pria itu,rupanya Sang Guru langsung mengetahui apa yang telah terjdi,. ''Buang saja botol itu.isinya air biasa.Kau sudah smbuh?? Apabila kau hidup dalam ke-kinian,apabila kau hidup dengan kesadaran bahwa maut dapat menjemputmu kapan saja,maka kau akan menikmati setiap detik kehidupan ini!!! Leburkan egomu,leburkan angkuhmu,leburkan kesombonganmu.jadilah lembut,selembut air,dan mengalirlah bersama sungai kehidupan.

Kau tidak akan pernah bosan,Kau akan merasa hidup. itulah rahasia kehidupan.itulah kunci kebahagiaan.itulah jalan menuju ketenangan''. Pria itu mengucapkan terimakasih dan menyalami Sang Guru,lalu pulang kerumah,untuk mengulangi pengalaman malam sebelumnya.

Konon,ia masih mengalir terus.ia tidak lupa hidup dalam ke-kinian.itulah sebabnya,ia selalu bahagia,selalu bahagia,selalu HIDUP!!!

Hidup bukanlah merupakan suatu beban yang harus dipikul tapi merupakan suatu anugrah untuk dinikmati.''Anda tidak akan pernah menang jika Anda tidak memulai.'

 (sumber:Mutiara kalbu sebening embun 1001 kisah sumber inspirasi/Dokter Sudarmono)

 wassalam...
Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

Related Posts

KEBOSANAN HIDUP
4/ 5
Oleh

3 comments

17 Januari 2013 01.11 delete

Hore kunjungan pertama gan ..hehe
salam kenal ..
makasih atas infonya gan

Reply
avatar
17 Januari 2013 06.41 delete

berarti kuncinya ikhlas pada diri sendiri dan orang lain.
mengingat bahwasanya maut bisa menjemput siapasaja,kapansaja bisa mengalahkan ego dan merubah hidup kita.
artikel yg cukup bagus dan membangun sob.

Reply
avatar
17 Januari 2013 07.59 delete

Asslmlkm,bos besar..:) oalah.. siganteng muncul,senang rasanya. suatu kehormatan buat saya bahwa Abang Reo Adam berkenan untuk singgah,nuwun sewu blognya masih alakadarnya nih.. jadi malu hehe..pagerrank masih prihatin..:)
terimakasih banyak comentnya.salam sukses selalu.amien

Reply
avatar

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami