> BERSEDEKAH agar Terhindar dari Musibah - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 20, 2013

BERSEDEKAH agar Terhindar dari Musibah


BERSEDEKAH agar Terhindar dari Musibah

Hikmahdanhikmah.com - Alkisah,di Zaman dahulu disebuah negri ada seorang pedagang sukses yang terkenal saleh dan berjiwa sosial.Namanya Tuan Tajir.Tempat usaha dan tempat tinggalnya lebih dari satu.Usahanya adalah berdagang barang-barang antik mewah dan jual beli Rumah.

dinegrinyabpenduduk mengenal dia sebagai orang yang selalu shalat lima waktu berjamaah tepat waktu dimasjid,berkawan dengan orang-orang shaleh,Ramah pada setiap orang,dan senang membantu baik saudara dekat,saudara jauh maupun orang lain yang bukan saudara.

Suatu hari,datanglah seorang Ulama bernama Syaikh Mukthar bersilaturahmi ke rumahnya.setelah membicarakan berbagai hal termasuk masalah keagamaan,Tuan Tajir meminta didoakan oleh syaikh Muktar agar dirinya terhindar dari musibah seperti perampokan yang baru dialami rekan bisnisnya.

Sebelum Syaikh Muktar berpamitan,Tuan Tajir tidak lupa memberikan uang sebesar 5 dirham kepada Syaikh Muktar sebagai Zakat dari pendapatan hasil penjualan salah satu rumahnya seharga 350 dinar.

Pada kesempatan silaturahmi tersebut syaikh mengungkapkan maksud dan tujuan kedatangannya.beliau mengharapkan Tuan Tajir berkenan membeli satu-satunya Rumah yang dimilikinya seharga 50 dinar.

Syaikh Muktar menjelaskan,uang hasil penjualan rumahnya akan dia gunakan untuk membiayai sekolah anaknya,mendukung usaha-usaha dakwahnya,dan modal untuk berbisnis agar dia bisa meningkatkan taraf kehidupanya yang memang masih kurang dari cukup.

 Sambil minta mohon maaf,dengan halus dan hati-hati Tuan Tajir mengatakan tidak bisa membantu syaikh Muktar.Alasan pertama,dia tidak ada rencana untuk membeli Rumah,dan kedua,dia berencana akan membantu saudara-saudara kandungnya untuk mengembangkan usahanya.

Beberapa bulan kemudian,penduduk negri itu dikagetkan dengan berita Tuan Tajir menderita sakit yang cukup parah dan harus menjalani pengobatan dirumah sakit yang menelan biaya sebesar 50 dinar.Tak berapa lama setelah itu,penduduk kembali dikagetkan dengan berita Tuan Tajir muda mengalami kecelakaan dijalan,terjatuh dari unta yang dikendarainya dan harus menjalani perawatan dirumah sakit.

Beberapa bulan kemudian,Tuan Tajir mengalami musibah lagi.Beberapa barang dagangannya disalah satu tempat usahanya Raib.kerugian ditaksir sekitar 50 dinar.Tuan Tajir tidak tau bagaimana bisa Raib.kemungkinan besar pelaku adalah pegawainya sendiri.

Kisah diatas adalah kisah nyata dengan sedikit perubahan,yakni pada seting waktu,tempat dan nama-nama orang.kisah diatas mengandung hikmah bahwa jika orang enggan memanfaatkan peluang untuk bersedekah,maka orang teresbut berpeluang mendapatkan musibah yang nilai kerugiannya lebih besar daripada nilai sedekah yang dapat dia keluarkan.

 Dalam kisah Tuan Tajir diatas ,dia baru saja mendapat uang 350 dinar dari hasil penjualann rumahnya.pada saat itu ia mendapat peluang mengeluarkan sedekah 50 dinar kepada syaikh muktar.namun karena peluang itu tidak dia manfaatkan,tuan Tajir akhirnya malah kehilngan hartanya lebih daripada 50 dinar.

Dalam banyak hadist Rosullulloh sering menyuruh kita membentengi diri dengan bersedekah agar terhindar dari musibah.
"Sedekah dapat menolak 70 macam bencana,dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo)."Riwayat imam tabrani.
Baca juga; Sedekah biar hidup makin berkah

"Bersegeralah bersedekah,sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah."( Riwayat imambaihaqi.)
SELAIN bermanfaat. Sebagai benteng dari musibah,sedekah tentu juga bermakna memperbanyak investasi pahala untuk akhirat.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar