Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEUTAMAAN BACAAN BASMALAH


BACAAN BASMALAH


Hikmahdanhikmah.com - KEUTAMAAN BASMALAH: Setiap orang muslim semestinya membiasakan lisannya mengucapkan “Bismillāhirrahmānirrahīm” ketika memulai pekerjaan yang baik dan mengakhirinya dengan mengucapkan “Alhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.” Apabila ia melakukan demikian, ia akan mendapati kelezatan iman di dalam hatinya, serta mendapatkan kebaikan dan keberkahan dari setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang tidak memulai sebuah pekerjaan yang mulia (baik dan mubah) sambil mengingat nama mulia Allah SWT dengan membaca “Bismillāhirrahmānirrahīm” atau lafaz-lafaz yang serupa dengannya, nilai pekerjaan itu menjadi kurang, serta manfaat dan keberkahannya menjadi sedikit.”

Dari hadis tersebut dapat dipahami bahwasanya membaca basmalah ketika memulai pekerjaan-pekerjaan yang baik itu hukumnya sunah. Oleh sebab itu, para ulama fikih berkata, “Ketika seseorang berwudhu lalu lupa membaca basmalah pada awalnya, ia disunahkan membacanya dengan lafaz ‘Bismillāhi awwalahu wa ākhirahu’. Akan tetapi, ia tidak disunahkan membaca basmalah setelah wudhunya selesai. Sesuai dengan penjelasan di atas, apabila seseorang lupa membaca basmalah ketika memulai makan dan baru ingat ketika sedang makan lalu ia pun membacanya, berarti ia telah melakukan sunah. Dalam sebuah hadis, dikatakan sebagai berikut.

“Apabila salah seorang di antara kalian akan makan (atau minum), bacalah basmalah. Jika kalian lupa mengawalinya dengan basmalah, bacalah “Bismillāhi awwalahū wa ākhirahū.”

Membaca basmalah dapat menjadi wasilah untuk memperoleh keberkahan. Apabila seseorang lupa membaca basmalah, hal itu akan mengakibatkan terputusnya keberkahan. 

Diriwayatkan dari Sayidah Aisyah (R.Anha) sebagai berikut.

“Suatu hari Rasulullah SAW makan bersama enam orang sahabat. Kemudian, seorang Badui datang dan mengambil dua suap makanan lalu menghabiskan semua makanan yang cukup untuk enam orang. Rasulullah SAW bersabda,

“Seandainya ia membaca basmalah, makanan itu akan cukup untuk kalian semua.” (Risalatul Basmalah, Mustafa bin Khalil Zagrawi) Sumber : artikel Fazilet takvimi

Berikut ini bisa diambil Hikmahnya

Al kisah,pada suatu hari,suaminya memberi uang kpd istrinya;dan berkata :

 "Simpanlah uang ini dengan baik".Sang istrinya pun lalu menerimanya dan menyimpannya ditempat yang aman.Tetapi ternyata sang suminya penasaran dan turut mengintipnya sehingga Ia tahu tempat penyimpanan uang itu.Kemudian dengan sembunyi-sembunyi suaminya itu mengambil uang tersebut,tanpa sepengetahuan istrinya.

Beberapa hari kemudian,suaminya memanggil istrinya seraya berkata; "Ambilkan uang itu",istripun mengambilkan uangnya sambil diikuti oleh suaminya dari belakang.


Dengan hati-hati,ia menhampiri tempat penyimpanan uang tersebut.lalu membukanya seraya membaca :

"Basmah";bismillahirrohmanirohiiim...
".Maka bersamaan dengan itu ALLAH mengutus malaikat jibril untuk mengembalikan uang yang telah di ambil oleh suaminya.Maka dengan izin Allah uang itu tetap utuh.kemudiaan ia menyerahkannya uang itu kepada suaminya.
Maka bukan main terkejutnya sang suami dan merasa bersalah.

Kemudian ia mengakui kesalahannya dan bertaubat kpd Allah SWT.

Dan akhirnya suaminya itu pun kembali ke jalan yang benar,yaitu turut rajin mengerjakan apa yang telah diperintakan oleh Allah dan menjauhi larangan-Nya

Posting Komentar untuk "KEUTAMAAN BACAAN BASMALAH"

banner 800x90