> Rahasia dibalik kalimat AZAN SUBUH - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 28, 2013

Rahasia dibalik kalimat AZAN SUBUH


Rahasia Dibalik Kalimat AZAN SUBUH

Rahasia Dibalik Kalimat AZAN SUBUH

Mungkin ada diantara kita yang kerap kali tidak menyadari,apa sebab Allah SWT memerintahkan kita bangun pagi dan shalat Subuh?

Dan mengapa dalam azan Subuh terdengar kalimat yang berbeda,kalimat yang tidak ada pada Azan dilain waktu.

 "Ash shalaatu khairun minan naum"
"Shalat (pada saat) itu lebih baik dari pada tidur".

Jika kita terjemahkan,akan berarti Shalat itu lebih baik dari pada tidur.Tetapi coba perhatikan baik-baik.Mengapa kalimat itu hanya dikumandangkan saat adzan subuh saja?

Anda ....benar dalam kalimat itu Allah SWT ternyata sedang memberikan isyarat kasih sayangnya pada kaum muslimin,sebuah isyarat yang sering kita abaikan maknanya,yang jika kita tangkap,isyarat itu kira-kira akan berbunyi seperti ini:

 "Subhanallah laa khaula quwwata illa billaah",
lalu mengapa isyartat itu justru dikumandangkan hanya pada Shalat subuh,tatkala kita semua sedang terlelap,dan bukan pada Azan untuk Shalat lain?

Pada studi MILIS dan studi- setudi lain di luar negri,yang dipercaya sebagai suatu penelitian yang shahih mendapati sebuah kesimpulan jika puncak terjadinya serangan jantung sebagaian besar dimulai pada jam 6 pagi sampai jam 12 siang.

Mengapa demikian? Karena pada saat itu sudah terjadi perubahan pada sistem tubuh dimana terjadi kenaikan teganggan saraf simpatis (istilah cina:YANG) dan penurunan tegangan saraf para simpatis (YIN).

Tegangan simpatis yang meningkat akan menyebabkan kita siap tempur,tekanan darah akan meningkat,denyutan jantung lebih kuat dan sebagainya.

Pada tegangan saraf parasimpatis yang meningkat maka terjadi penurunan tekanan darah,denyut jantung kurang kuat dan Ritmenya melambat.

Terjadi peningkatan aliran darah ke perut untuk menggiling makanan dan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga kita merasa mengantuk,
Pokoknya yang cenderung kepada keadaan istirahat.

pada pergantian waktu pagi buta (mulai pukul 3 dini hari) sampai siang itulah secara diam-diam tekanan darah berangsur naik,terjadi peningkatan adrenalin yang berefek meningkatkan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah (efek vasokontriksi) dan meningkatkan sifat agregasi trombosit (sifat saling menempel satu sama lain pada sel trombosit agar darah membeku) walaupun kita tidur. Aneh bukan?

Hal ini terjadi pada semua manusia,setiap hari termasuk anda dan saya maupun bayi anda.hal seperti ini di sebut sebut sebagai Ritme Circardian/Ritme sehari-hari,yang secara kodrati diberikan Allah SWT kepada Manusia.

Furgot dan Zawadsky pada 1980 dalam penelitiannya mengeluarkan sekelompok sel dinding areteri sebelah dalam pada pembuluh darah yang sedang diselidikinya (dikerok).

pembuluh darah yang normal yang tidak dibuang sel-sel yang melapisi dinding bagian dalamnya akan melebar bila ditetesi suatu zat kimia yaitu;Asetilkolin.

Pada penelitaian ini terjadi keanehan,dengan dikeluarkanya sel-sel dari dinding sebelah dalam pembuluh darah itu,maka pembuluh tadi tidak melebar kalau ditetesi asetilkolin.

 Penemuan ini tentu saja menimbulkan kegemparan dalam dunia kedokteran."Jadi itu toh yang menentukan melebar atau menyempitnya pembuluh darah,sesuatu penemuan baru yang sudah sekian lama,sekian puluh tahun diteliti tapi tidak ketemu".

Penelitian itu segera diikuti penelitian yang lain diseluruh dunia untuk mengetahui Zat apa yang ada dilam sel bagian pembuluh darah yang mampu mengembangkan/melebarkan pembuluh itu.dari sekian ribu penelitian maka zat tadi ditemukan oleh Murad dan disebut NO / nitrik Oksida.

ketiga penelitian itu furchgott dan ignarro serta Murad mendapat hadiah nobel tahun 1998 Zat NO selalu diproduksi,dalam keadaan istirahat tidur pun selalu diproduksi,namun produksi dapat ditingkatkan oleh obat golongan Nifedipin dan nitrat dan lain-lain tetapi juga dapat ditingkatkan dengan bergerak,dengan berolah raga.

Efek Nitrik oksida yang lain adalah mencegah kecendrungan membekunya darah dengan cara mengurangi sifat agregrasi/sifat menempel satu sama lain dari trombosit pada darah kita. Jadi kalau kita bangun tidur pagi buta dan bergerak,maka haql itu akan memberikan pengaruh baik pada pencegahan ganggugan kardiovaskular.

Naiknya kadar NO dalam darah karena exercise yaitu Wudu dan Shalat sunah dan wajib,apalagi bila disertai berjalan ke masjid merupakan proteksi bagi pencegahan kejadian kardiovaskular... Tanpa manusia menyadarinya.

Selain itu patut dicatat bahwa pada posisi rukuk dan sujud terjadi proses mengejan,posisi ini meningkatkan tonus parasimptis (yang melawan efek tonus simpatis).dengan bergerak,tubuh memproduksi NO untuk melawan peningkatan kadar Zat adrenalin diatas yang berefek menyempitkan pembuluh darah dan membuat sel trombosit darah kita jadi bertambah liar dan saling merangkul.

Allah sudah sejak awal islam datang menyerukan shalat subuh,hanya saja Allah tidak secara jelas menyatakan manfaat akan hal ini karena tinggkat ilmu pengetahuan manusia belum sampai dan masih harus mencarinya sendiri walaupun harus melalui rentang waktu ribuan tahun.

 Petunjuk bagi kemaslahatan umat adalah tanda kasihNYA pada hambaNya.Bukti manfaat intruksi Allah baru datang 1400 tahun kemudian.ALLAHU AKBAR

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar