> Tobatnya Penjahat - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 23, 2013

Tobatnya Penjahat


Tobatnya Penjahat


Hikmahdanhikmah.com -  Masih dalam suasana Ramadan sahabat-sahabtku semua,kali ini kami mau share Tausiah Almarhum Ustazd jefry al buchori ,semasa beliau masih hidup,

Bagi sahabat- sahabat Yg belum sempat baca Tausiah ustad Uje,kami mencoba menshare kembali :

Dalam sebuah majelis pengajian yang di selenggarakan imam Hasan Al Bashri,hadirlah seorang penjahat.Beliau sendiri tak pernah mengenalnya dan hanya tahu namanya.Orang menyebutnya Atabatul  Ghulam.

semua orang mengenal kejahatan dan kekejamannya.Bahkan tokoh ini sudah layak di sebut orang fasik. Di tengah sesi tanya jawab,seorang jamaah pengajian mengajukan pertanyaan kepada imam Hasan Al Bashri,

Wahai syaikh! Bagaimana jika seseorang sudah sangat keterlaluan mengerjakan kemaksiatan,apakah dosanya dapat diampuni oleh ALLAH?.
Ulama besar dan tokoh sufi ini pun menjawab,"Apabila dengan penuh kesadaran dan dengan hati yang sungguh-sungguh bertobat menurut syarat-syaratnya,maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya,sekalipun dosanya itu seperti yang dilakukan Atabatul Ghulam."
Baca Juga : Doa Atabatul Ghulam

Betapa terkejutnya tokoh penjahat ini ketika dirinya dijadikan contoh pelaku Dosa besar.Namun,Allah tetap berkenan memberikan ampunan,seandainya ia mau bertaubat dengan sepenug hati. Allah adalah Dzat yang maha pengampun.Luasnya ampunan Allah tak dapat kita ukur atau kita batasi.
Allah selalu membuka diri Nya untuk memberi ampunan untuk setiap hambanya yang pernah menyimpang dari jalanNya.

Bertaburan ayat dalam Alquran dan hadist Nabi yang menunjukan betapa Maha Pengampunnya Allah SWT.tak hanya akan mengampuni,bahkan dengan kasih sayangNya,Allah mengajak setiap pendosa bersegera kembali kepadaNya.

Allah SWT berfirman dalam surah Ali imron,"Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabbmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang bertaqwa,(yaitu)orang yang berinfaq,baik diwaktu lapang maupun sempit,dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan)orang lain.Dan,Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan." (QS 3:133-134).

Bagaimana cara kita bertobat,Rosullah SAW mengajarkan kita memohon ampunan kepada Allah.beliau bersabda,"Demi Allah,sesungguhnya aku membaca istigfar (minta ampun) dan bertobat kepada Allah setiap hari lebih dari 70 kali.
(HR Bukhari)

Dalam hadist lain,dari ibnu Umar,ia berkata kami menghitung satu majelis bahwa Rosulullah SAW mengucapkan doa berikut sebanyak 100 kali."Ya rabbku,ampunilah segala dosaku dan terimalah tobatku.Sesungguhnya Engkaulah yang Maha penerima tobat dan engkau yang Maha Penyayang." (HR Abu Dawud)

Ketahuilah saudaraku ,bahwasanya Allah maha luas Ampunan dan Rahmatnya.Rasukkah bersabda,"Sesungguhnya Allah membentangkan tangan rahmatNya pada waktu malam,agar orang yang telang melanggar perintahNya pada siang hari bertobat.

Dan juga mengulurkan tangan RahmatNya pada waktu siang agar orang yang telah melanggar perintahNya pada waktu malam bertobat.keadaan itu tetap berlangsung hingga matahari terbit dari arah timur." (HR Muslim)

Rosulloh juga bersabda,"Sesungguhnya Allah tetap menerima tobat hambaNYA selama ruh belum sampai di tenggorokan (hampir mati).(HR Tirmizi,Ahmad dan ibnu Majah)Dalam hadis Qudsi,Allah berfirman,"Aku selalu bersama hamba Ku,apabila ia ingat kepada KU,dan ketika bibirnya bergerak menyebut namaKU."
(HR Ahmad dan ibnu Majah)

Dari uraian diatas,kita dapat menarik kesimpulan,bahwa Allah SWT menyeru hamba Nya yang pernah melakukan maksiat agar memohon ampun dan bertobat kepada Nya.Allah juga memerintahkan kepada Nabi Nya agar menyeru umatnya untuk segera bertobat.
Allah berfirman dalam surah Az Zumar
(Qs 39:53-54),"Katakanlah,wahai hamba-hamba Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri,janganlah kamu berputus asa dari nikmat Allah.

Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosabsemuanya.Sungguh,Dialah yang Maha Pengampun,MahaPenyayang.Dan,kembalilah kamu kepada Rabbmu,dan berserah dirilah kepada Nya sebelum datang Azab kepadamu,kemudian kamu tak dapat ditolong."

Saat ini kita tengah berada dalam bulan suci Ramadan.Bulan yang memiliki banyak keistimewaan dan kemuliaan melebihi bulan-bulan lainya.Pada bulan ini,Allah SWT menurunkan rahmat yang berlimpah ruah kepada Hamba-hambaNya yang beriman,serta menurunkan berkah dan magfirah Nya.

Maka saudara saudaraku,mari kita bergegas memohon ampun dan pertobatan dibulan magfirah ini.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar