2 Contoh Sadaqah Wajib


2 Contoh Sadaqah Wajib


2 Contoh Sadaqah wajib yang namanya wajib maka harus dipenuhi dan jika diabaikan maka berdosalah maka harus dicatat diingat dan ditekadi yang kuat harus ditunaikan agar tidak datang Murka Allah apa saja yang wajib itu :

1.Sadaqah Zakat.
Sedekah jenis ini bersifat wajib dikerjakan apabila harta kita telah menjadi batas nishab dalam satu tahun maka diwajibkan mengeluarkan zakat. Besarnya harta dikeluarkan relative sesuai dengan jenis bendanya. Ada yang sebesar 2,5%, 5 %, 10% dan ada yang 20%.
 Jika orang kaya memiliki harta melebihi batas nishab tidak dikeluarkan zakat maka akan terkena dosa. Selain sedekah wajib berupa zakat sedekah ini juga bisa berbentuk kifarat.

2.Sadaqah Wajib membayar Kifarat.
Di dalam syariat Islam ada dosa-dosa tertentu yang pelakunya dituntut membayar kifarat. Milsanya melakukan hubungan suami-isteri pada siang hari pada bulan Ramadhan, melanggar wajib sumpah, membunuh dll. Bentuk kifarat bermacam-macam, diantaranya adalah membebaskan budak, bersedekah kepada fakir miskin, dan berpuasa. Hukum kifarat wajib dilakukan.

Di bawah ini adalah contoh hadist kewajiban membayar kifarat.

Dari Abu Hurairah r.a. Ketika kami sedang duduk di sisi Nabi saw , tiba-tiba ada seorang laki-laki datang, lalu ia berkata, “Wahai Rasulullah celaka saya. Berilau bertanya, “Memangnya kamu kenapa? Ia menjawab, aku menjimak isteriku padahal aku sedang berpuasa. Lalu Rasulullah bertanya, bisakah kamu membebaskan seorang budak? Ia menjawab : tidak. Rasulullah bertanya lagi, bisakah kamu berpuasan enampuluh hari berturut-turut? Ia menjawab: Tidak. Rasulullah bertanya, Bisakah kamu memberikan enampuluh orang fakir miskin?, Ia menjawab, Tidak.”

Demikian 2 Contoh Sadaqah Wajib dalam ajaran islam yang pada intinya ikuti dan laksanakan samina wa atona kami dengar dan laksanakan dengan memahami yang wajib maka jangan lupakan Sadaqah sunah nya agar dan bisa menambah pahala.demikian share hikmahdanhikmah semoga bermanfaat.

Previous
« Prev Post

Related Posts

2 Contoh Sadaqah Wajib
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami