Jenis Jenis Sedekah



Jenis jenis sedekah


Hikmahdanhikmah.com - Jenis Jenis Sedekah Istilah lain sedekah adalah derma dan donasi.Asal kata sedekah adalah Shidqoh (صدقة‎) yang artinya "benar". Menurut tafsiran para ulama, orang yang suka bersedekah adalah orang yang benar pengakuan imannya.Jadi, sedekah adalah perwujudan sekaligus cermin keimanan.sedekahkan tidak terbatas pada materi saja, tapi juga bisa berupa tenaga dan pikiran. Bahkan, gerakan tubuh seperti senyum pun termasuk sedekah!

Sedekah berupa materi sangat baik. Namun, sedekah non-materi juga sama sangat baiknya.
Sedekah tidak harus berupa uang. Bisa juga dengan tenaga, ucapan, dan pikiran.

Hadits-hadits berikut ini menunjukkan jenis-jenis sedekah yang bisa kita amalkan.

1.(HR. Bukhari.
"Setiap sendi manusia perlu bersedekah, setiap hari matahari terbit ada orang mengadili dua orang adalah sedekah. Membantu orang dengan mengangkat barang ke atas binatang tunggangan adalah sedekah. Satu kalimah yang baik adalah sedekah. Setiap langkah untuk mengerjakan solat adalah sedekah dan membuang sesuatu berbahaya di jalanan adalah sedekah.

2. (HR. Muslim).
"Setiap kali tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, menyuruh pada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan hubungan intim kalian (dengan isteri) adalah sedekah.” Para sahabat bertanya,
 “Wahai Rasulullah, apakah salah seorang di antara kami melampiaskan syahwatnya dan dia mendapatkan pahala?” Rasulullah Saw menjawab, “Bagaimana pendapat kalian jika ia melampiaskan syahwatnya pada yang haram, apakah ia berdosa? Demikian juga jika melampiaskannya pada yang halal, maka ia mendapatkan pahala.”

3.(HR. Muslim)
“Setiap muslim harus bershadaqah.” Salah seorang sahabat bertanya, “Bagaimana pendapatmu, wahai Rasulullah, jika ia tidak mendapatkan
 (harta yang dapat disedekahkan)?
” Rasulullah saw. bersabda, “Bekerja dengan tangannya sendiri kemudian ia memanfaatkannya untuk dirinya dan bersedekah.” Salah seorang sahabat bertanya, “Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah saw.?”

Beliau bersabda, “Menolong orang yang membutuhkan lagi teranaiaya.” Salah seorang sahabat bertanya, “Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah saw.?”
Beliau menjawab, “Mengajak pada yang ma’ruf atau kebaikan.” Salah seorang sahabat bertanya, “Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah saw.?” Beliau menjawab, “Menahan diri dari perbuatan buruk, itu merupakan shadaqah.”

4.(HR. Muslim).
"Bahwasanya diciptakan dari setiap anak cucu Adam tiga ratus enam puluh persendian. Maka barangsiapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, beristighfar, menyingkirkan batu, duri atau tulang dari jalan, amar ma’ruf nahi mungkar, maka akan dihitung sejumlah tiga ratus enam puluh persendian.
Dan ia sedang berjalan pada hari itu, sedangkan ia dibebaskan dirinya dari api neraka.”

5.(HR. Ibnu Majah)
"Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi shadaqah.”

berdasarkan hadits di atas maka bisa disimak penjelasan singkat dibawah ini

1.Sedekah Harta Materi membantu dengan keuangan karena hanya uang yang dirasa bisa dilakukan maka keluarkan.

2.Sedekah senyum dengan memasang wajah ceria atau menyenangkan ini adalah sodakoh paling mudah cukup dengan gerakan wajah sederhana sekali.

3.sedekah Mendamaikan orang yang bermusuhan ini mungkin tugas berat karena dalam mendamaikan kedua belah pihak bisa kembali Guyup rukun perlu kerja keras agar tidak salah paham.

4.sedekah Membantu orang dengan tenaga jika memiliki kemampuan kekuatan fisik bantulah dengan sumbangkan tenaga karena kekuatan sangat dibutuhkan adakalanya.

5.sedekah Berkata yang baik jika tidak bisa maka diam itu lebih baik.

6.sedekah Melangkah untuk mengerjakan shalat utama nya ke masjid baik jaraknya jauh ataupun dekat ini termasuk berat namun hanya orang orang yang ikhlas dan kesadaran tinggi yang bisa melakukan utamanya sholat subuh biasa nya yang paling berat.

7.sedekah Membuang sesuatu berbahaya rintangan di jalan paling sering biasanya dijalan bentuk bisa paku atau pecahan kaca.

8.Sedekah dengan berzikir misal Tasbih mengucapkan Subhanallah (Mahasuci Allah)Tahmid mengucapkan Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah)Tahlil mengucapkan Laa ilaaha illallah (Tiada Tuhan selain Allah)Istighfar mengucapkan Astaghfirullaahal 'azhim (Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung) baik dilakukan selesai sholat atau dimana tempat yang prinsip jangan ditempat kotor dan najis.

9.Sedekah Menyuruh mengajak kepada kebaikan dalam mengajak kebaikan itu mudah yang sulit itu adalah menjaga keistiqomahan untuk bertahan untuk terus baik contoh mengajak sedekah,satu kali diajak mau tapi terkadang untuk bulan selanjutnya tidak lagi dan tidak lagi seyogyanya bulan ini sodakoh bulan besok ya sodaqoh dan seterusnya jadi istiqomah usahakan cari istiqomah nya jangan fikirkan nominal harus banyak tapi berusaha sedikit tidak masalah setelah itu baru tambah sedikit sedikit meningkat itu yg baik.

10.sedekah guna Melarang mencegah kemungkaran kemaksiatan tugas ini boleh dibilang berat dikarenakan harus melawan arus maka gunakan dengan cara cara yang bijaksana.

11.Sedekah berkaitan Hubungan intim suami-istri yang sah.
ini yang paling diminati para suami dengan istrinya maka si istri juga harus paham dan memahami suami,suami butuh istri agar terjaga pandangan tidak melirik yang lain.

12.sedekah Menolong orang yang membutuhkan ini  harus dilatih utamanya jiwa nya dan harus berusaha berkata seandainya saya jadi mereka bagaimana rasanya saya jikalau ditolong.

13.Sedekah Menolong orang yang teranaiaya terzhalimi bisa dan teruslah berfikir mencarikan solusi pemecahannya agar bisa lepas dari cengkeraman si pendzolim.

14.Sedekah Menahan diri dari perbuatan buruk
/dosa/maksiat godaan terbesar bukan pada orang lain tapi diri perkuat dengan pemahaman pemahaman jangka depanya efeknya dampak buruknya hasil akhirnya dengan begitu maka kebiasaan buruk bisa tertanggulangi.

15.Sedekah Nafkahkan harta terhadap diri, keluarga,
 Anak, ini buat yang sudah berkeluarga diperhatikan inilah jihad juga selamat kan keluarga dengan mendidik mengarah kan kepada kelayakan Rumah tangga sakinah mawadah warohmah.

Akhirnya itu saja sekilas tentang sedekah setelah membaca ulasan ini insyaallah sedekah makin Rajin makin sering dan ambillah yang mana bisa syukur syukur bisa semua agar menjadi ahli surga dan ditempatkan ditempat mulia.
Baca Juga : Zakat infaq Shodakoh  
Previous
« Prev Post

Related Posts

Jenis Jenis Sedekah
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami