> Renungan Anak Yatim Piatu - BAYAR ZAKAT ONLINE

September 18, 2018

Renungan Anak Yatim Piatu


Renungan Anak Yatim piatu

Renungan Anak Yatim Piatu ini sebagai Bahan Evaluasi buat kita yang masih memiliki Ayah dan bunda agar kita Terus bersyukur dan Mensyukuri Nikmatnya memiliki Orang Tua,Anak Yatim Piatu kita ketahui bersama adalah seseorang yang tidak lagi memiliki ayah dan ibu, sedangkan yatim, dari bahasa Arab, artinya seseorang yang tidak memiliki ayah, dan piatu adalah seseorang yang tidak memiliki ibu lagi.

Dalam agama islam ada Pengertian tentang anak yatim piatu :

1. Anak yatim piatu ialah anak-anak yang belum baligh yang ditinggal mati oleh kedua orang tuanya atau salah satunya. Orang yang pertama yang bertanggung jawab adalah ahli warisnya untuk memelihara, mendidik dan membesarkannya sehingga ia dapat menjalani hidup secara mandiri.

2.Yatim piatu yang diartikan sebagai anak yang ditinggal mati oleh ayah dan ibunya. Menurut Ragib al Asfahani (ahli kamus bahasa Al Qur’an) istilah yatim bagi manusia digunakan untuk orang yang ditinggal mati ayahnya dalam keadaan belum dewasa, sedangkan bagi binatang, yang disebut yatim adalah binatang yang ditinggal mati ibunya.

3.Pengertian yatim dapat pula digunakan untuk orang yang tidak memiliki ilmu pengetahuan yang didasarkan kepada hadits nabi saw : ”Orang yatim itu bukanlah orang yang tidak memiliki ayah dan ibu, tetapi orang yatim itu adalah orang yang tidak memiliki ilmu”



Nah...
bagaimana Renungan Anak Yatim Piatu yang ditinggal mati misal ditinggal ayah dan ibunya Apa yang akan dirasakan setelahnya :

1.Dia Rindu akan sosok orang Tua
Jadi ini sekedar mengingatkan kepada kita betapa pentingnya orangtua kita di banding apapun yg ada di dunia ini

2.Dia ingin seperti kebanyakan orang lain.
mereka tentu ingin merasakan begaimana rasanya ketika ada sesosok orang tua menjemput mereka ketika pulang sekolah, mengambil rapot mereka, mengajak bermain mereka,memberi mainan mereka Dan lainnya. disanalah mereka kerap iri dan sedih ketika melihat teman/orang yg sedang bercanda gurau dengan orang tuanya.

3.Dia tentu Merasakan kesedihan di waktu datang bulan ramadhan ataupun hari raya idul fitri, idul adha,mereka tidak bisa merasakan indahnya berbuka puasa bersama, sahur bersama keluarga , sholat terawih bersama keluarga. mungkin mereka hanya bisa berdiam dan bersedih jika mereka mengingikn hal yg seperti ini.

tidak jauh seperti bulan ramadhan, mereka pun merasa kehilangan . tidak seperti orang lain. ketika orang lain saling memafkan dimana orang lain bisa berkumpul bersama keluarganya, namun mereka mungkin hanya mengucapkan kata rindu dan mengunjungi makam yang bisa dilakukan.

4.Dia Melamun ketika melihat sosok orangtua orang lain ketika mereka bertemu dengan orang tua terkadang mereka sering membayangkan sosok wajah almarhum ayah ataupun ibu.


Baca juga ; Keutamaan Doa Anak Yatim yang Pasti Terkabulkan.

Demikian Renungan Anak Yatim Piatu maka selagi orang tua kita masih ada, ada baiknya kita bahagiain mereka dari hal yang kecil dulu, dengan tidak membuat mereka marah dan kesal. 

jikalau kita blum bisa membahagiakannya maka jangannlah membuat orang tua kita merasa malu terhadap tingkah laku kita yg merugikan orang lain ataupun orang tua kita sendiri karna waktu tidak bisa kita ulang kembali.

Ketika aku menangis
Ketika aku disakiti
Ketika aku tidak kuat lagi
Ketika doapun seakan akan Tuhan menggendongku saat ini

Terkadang aku menganggap hidup orang lain lebih enak padahal mungkin saja dia lebih sulit hanya saja dia tidak mengeluh.

kenanganmu dalam ingatanku sudah bukan hakmu lagi pergilah silahkan temukan orang-orang kau anggap bisa mencintaimu lebih dari apapun yang kuberikan untukmu.

Biar hidup susah yang penting aku tidak menyusahkan orang tua lain.

Suka tidak suka lukalah yang mendewasakan aku.

Mari Bersama Yayasan Pijar Mulya Pati indonesia, mari Abadikan amal sholeh kita Donasikan Infaq Sedekah Yatim guna membantu kehidupan Anak Yatim dan mewujudkan harapan, pendidikan, dan masa depan mereka.

Salurkan melalui :
Rekening Sedekah/zakat/infaq
>Bank BRI
Rekening : 7981-01-009853-53-6
A/n: Yayasan Pijar Mulya Pati indonesia

D/a alamat kami Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Pati Jawa Tengah 59184
info/Konfirmasi Transfer 
WhatsApp: 085268070123




Jazaakallahu khairan katsiiran
Yang Artinya :

  • Semoga Allah menganugerahkan kepadamu surga-Nya.
  • Semoga Allah menganugerahkan padamu kenikmatan melihat wajah-Nya kelak di surga.
  • Semoga Allah menyelamatkanmu dari neraka jahannam.
  • Semoga Allah memberikan keselamatan untukmu di saat huruhara hari kiamat.
  • Semoga Allah melindungimu dari syaithon yang terkutuk
  • Semoga Allah memberimu rezeki yang penuh barkah.
  • Semoga Allah menjadikan engkau orang yang berbakti kepada orang tuamu.
  • Semoga Allah menjadikan kau selalu mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Walhmdllhrblmn .

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar