Doa Atabatul Ghulam



Doa Atabatul Ghulam 
ada yang mengatakan ini adalah Doa untuk  Merangsang Kecerdasan Akal,adalah Atabatul Ghulam awalnya merupakan seorang yang fasik.Beliau sering melakukan dosa dan maksiat kepada Allah SWT.

Dikarenan seringnya bermaksiat itu hingga pada akhirnya ingin bertaubat dan pada suatu hari timbul niat padanya untuk menghadiri suatu majlis Ilmu dan duduk mendengarkan ceramah dari seorang Wali Allah yaitu Imam Hassan Al-Basri.

Dalam majlis tersebut, ada orang yang bertanya pada Imam Hassan Al-Basri tentang bagaimana orang yang melakukan dosa besar lalu bertaubat, apakah taubatnya akan diterima oleh Allah SWT. Lalu Imam Hassan Al-Basri menjawab :

“Ya, jika ia bersungguh-sungguh bertaubat dengan sebenarnya, maka Allah akan mengampuninya, walaupun seperti Atabatul Ghulam.”

Imam Hasan Al-Bashri membacakan ayat ke-16 dari surat Al-Hadid:

“Apakah belum datang bagi orang yang beriman untuk tunduk hatinya mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka)….”

Beliau melanjutkan perkataannya ;
“Wahai pemuda yang bermaksiat kepada Rabbul ‘arsy, apakah engkau tahu balasan orang yang bermaksiat adalah neraka sa’ir yang bergejolak apinya?.

Malaikat Zabaniyah menarik ubun-ubun mereka dan menarik kaki-kakinya, lalu melemparkannya ke dalam neraka.

Apakah engkau dapat sabar menghadapinya, sedangkan api dunia saja engkau tidak kuat menahannya?”

Coba bayangkan Imam Hassan al-Basri tidak pernah berjumpa atau melihat apalagi tidak mengenali Atabatul Ghulam, beliau hanya mengetahui namanya sahaja.

Padahal ketika disebut nama Atabatul Ghulam, Atabatul Ghulam tersentak kaget lalu bertaubat, menyesali dosa-dosanya.

Dalam doanya, ia bermunajat,yang artinya sebagai berikut :
“Ya Tuhanku, jika Engkau menerima taubatku dan Engkau ampuni dosaku, maka berilah aku kemuliaan mudah paham dan hafal, sehingga aku dapat menghafal semua yang kudengar dari ilmu dan Al-Qur’an.

Ya Tuhanku,
muliakanlah aku dengan suara yang merdu dan indah, sehingga siapa saja yang mendengar bacaanku, maka menjadi lembutlah hatinya meskipun ia seorang yang keras hati.
Ya Tuhanku, berikanlah aku rejeki yang halal dan tak terhitung.”

Allah pun menerima taubatnya dan mengabulkan permohonannya.

Doa Atabatul Ghulam 
Doa’ ini amat bagus dan sesuai untuk diamalkan dibaca bagi mereka yang ingin ;

1.bertaubat kepada Allah SWT dengan memperbaiki diri mengevaluasi diri mohon ampunan atas dosa dosa yang disengaja atau tidak disengaja dan berjanji untuk tidak melakukan kembali serta perbanyak istighfar.

2.yang ingin menghafal Al-Quran,Hadis Nabi SAW.
Untuk bisa menghafal baik Alquran dan hadits hadits wajib membersihkan hati agar ilmunya masuk karena wahyu Allah itu suci dan hanya bisa masuk ke dalam jiwa yang tenang.

3.yang ingin mempunyai suara yang merdu dan indah khusus mereka yang ingin mendalami Taranum Al-Quran.nah ini bisa untuk qori qoriah agar suara menjadi merdu.

4.yang menjadi pendakwah di jalan Allah ini insyaallah bisa sebagai doa agar hati dan fikiran mudah memahami berbagai macam persoalan umat dengan Rajin istiqomah mengamalkan ini.

5.bisa buat para perawat  Islam dan yang ingin menambahkan rezeki zahir dan batin.

Khasiat Doa Atabatul Ghulam 
kesimpulannya adalah Jadikanlah doa’ ini amalan kita khususnya para perawat Islam supaya senang untuk berdakwah dan memberi nasihat kepada sesama.
Baca juga : Doa Ibu Menembus Langit ke  7

Demikianlah asal usul munculnya doa Atabatul Ghulam semoga artikel ini membawa manfaat.
Aamiien.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Doa Atabatul Ghulam
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami