Sayang Anak Yatim dalam islam


Sayang Anak Yatim dalam islam

Sayang anak yatim dalam Islam bisa kita lihat pada surat Albaqarah 220 yang artinya :
Dan mereka menanyakan kepadamu tentang anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik!” Dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu.

Ayat-ayat turun berkaitan tentang perintah untuk menyanyangi dan memperhatikan mereka. Dalam Al-Qur’an membahas tentang anak yatim, Allah tidak menyebutkan,dengan Beri makan kepada mereka..Beri uang kepada mereka.Sediakan tempat tinggal untuk mereka..

Akan tetapi Allah swt menggunakan kata yang sangat indah :
"Perbaiki keadaan mereka…sebuah kalimat singkat ini telah mencakup perintah untuk memperhatikan seluruh kebutuhan anak yatim. Bukan hanya kebutuhan fisiknya, tapi juga mencakup kebutuhan rohani dan pendidikannya misal :

1. Sayang Anak Yatim dengan Perhatikan agamanya
Memberikan pendidikan Agama agar memiliki akhlak sesuai tuntunan Alquran dan sunah
2. Sayang Anak Yatim dengan ‎Perhatikan kecukupan ekonominya yakni misal sandang berkaitan dengan baju,makan yang cukup sebagaimana umumnya anak anak kita.
3.Sayang Anak Yatim dengan Perhatikan belajarnya.
kembangkan kepribadian sepenuhnya, belajar mengetahui dunia, belajar mengenal perbedaan mata pelajaran, juga kehidupan sosial, kesempatan untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, itu sangat penting untuk anak-anak.
4. Sayang Anak Yatim dengan ‎Tingkatkan skill (kemampuannya) agar dia mampu menghadapi masa depan
Misal memberikan fasilitas kursus kursus sesuai dengan bakat yang dimiliki karena mereka pasti memiliki keahlian yang terpendam maka harus digali terus ilmunya.
5. Sayang Anak Yatim dengan ‎Jagalah hartanya
Harta anak yatim harus dijaga dengan menggunakan manajemen yang bagus suatu misal kebutuhan yang utama.
6.Sayang Anak Yatim dengan ‎Jaga harga dirinya mengingat mereka sudah menderita ditinggalkan orangtua.
7. Sayang Anak Yatim dengan Berikan kasih sayang yang baik yang mampu membuat nyaman sebagaimana kita memperlakukan

Sayang anak yatim dalam Islam Tentu tak terbatas dengan tujuh point diatas. Masih banyak cara dan makna lainnya. Dan kedalaman makna ini ditampilkan oleh Al-Qur’an secara indah dalam satu kalimat,
Memperbaiki keadaan mereka adalah baik.
Bila hati kita ingin tergerak untuk menyayangi anak yatim, maka ingatlah kekasih kita Nabi Muhammad saw. Sungguh beliau adalah yatim sejak lahir.

Salah satu bukti cinta kita kepada Nabi adalah dengan memperhatikan dan memuliakan anak yatim. Dengan itu kita akan menggembirakan hati Nabi dan karena itu pula beliau sangat mencintai orang-orang yang memuliakan anak yatim.

Semoga bermanfaat…
Sumber : Ust. Muhammad bin Alwi
Previous
« Prev Post

Related Posts

Sayang Anak Yatim dalam islam
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami