Apa Rahasia Agar Awet Kenyang Selama Puasa ?


Rahasia Agar Awet Kenyang Selama Puasa

sumber : http://www.cirebonpos.com

Merasakan rasa lapar dan haus selama menjalankan puasa Ramadhan memang hal yang normal. Hal ini disebabkan karena selama kurang lebih 13 jam tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman. Namun kadang kala kita merasakan rasa lapar yang berlebih saat puasa sehingga membuat aktivitas kita menjadi tak bersemangat. Lantas apa rahasia agar awet kenyang selama puasa ?

Sedikit tips awet kenyang selama puasa
Dalam menjalankan puasa, maka sahur adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu tak heran jika sahur sangat disunnahkan dalam agama Islam. Namun demikian, unsur nutrisi juga tak boleh ditinggalkan begitu saja. Mengkonsumsi makanan yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama menjadi kunci agar kita tak merasakan lapar yang berlebih saat puasa.

Ada beberapa unsur nutrisi yang harus diperhatikan saat sahur, diantaranya protein yang bisa di dapat dengan mengkonsumsi ikan, ayam, daging, telur dll. Dengan mengkonsumsi protein yang lebih banyak, maka akan memberikan energi yang cukup bagi tubuh sehingga kita akan merasakan rasa kenyang yang lebih lama.
Selain memperhatikan menu sahur puasa.

Makan saat berbuka puasa juga menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai kita mengkonsumsi makanan lebih banyak sehingga bisa memicu peningkatan berat badan. Jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa adalah makanan yang berlemak. Lebih disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang manis seperti kurma sehingga lebih cepat untuk diproses sehingga memberikan energi kembali bagi tubuh.


Puasa Ramadhan kita ada kesempatan melakukan sahur, usahakan menu menu yang dianjurkan, dan jangan terlalu kenyang agar tidak mengantuk dikarenakan kita akan melaksanakan sholat subuh, Alangkah baiknya setelah sholat subuh jangan tidur, maka gunakan pengalihan agar tidak tidur bisa dengan tadarus, atau jalan jalan, atau aktifitas kesibukan lainnya, kalaupun teramat ngantuk pejamkan mata sekedarnya saja. 

Sekarang kita Ambil hikmah ada Apa dibalik Lemasnya kita berpuasa agar tetap semangat didalam Menjalankan nya. 

Waktu terus berjalan dan pada pukul 12 s/d 18 badan kita akan merasakan tidak bertenaga dan kita wajib mensyukurinya.
Mengapa karena itu adalah dimulainya suatu proses yang sangat bermanfaat buat tubuh kita Proses itu adalah AUTOLISIS yakni proses pembuangan sel-sel yang mati atau rusak yang kluar dari tubuh kita.

Sekarang cobalah kita untuk memikirkan dengan membayangkan jikalau kita tidak sedang berpuasa bahwa Organ dalam  pencernaan yang kita miliki hampir tidak pernah berhenti bekerja selama 24 jam jadi Setiap kita makan itu membutuhkan +-8 jam organ pencernaan kita bekerja.

Perhatikan disaat kita tidak berpuasa misal sarapan pagi jam 7, maka pada pukul 15:00 organ baru selesai bekerja mengolah dan ternyata jam 12 organ tubuh kita sudah bekerja untuk makan kembali itulah situasi perjalanan nya.

Seharusnya pukul  12 sudah selesai jam 20, tapi ternyata kita makan lagi jam 19. Belum lagi misal kan pukul 23 ada acara ngemil ini dan itu.
Seandainya tubuh kita bisa berkata kata mungkin akan bersuara "Gak kuat aku Bos"

Untunglah bulan puasa hadir dan dianjurkan Sahur pukul 4, organ bekerja sampai jam 12 dan pada pukul 12 s/d jam 18,maka organ kita istirahat liburan selama 6 jam sangat menyenangkan jika diibaratkan ibu-ibu di rumah tangga maka ia Gunakan untuk beres-beres, rapi-rapi, bersih-bersih, buang barang-barang yang tidak digunakan begitu pula sama halnya organ kita inilah yang disebut dengan Autolisis.

Inilah Alasan kenapa puasa itu menyehatkan, bahkan bisa mengobati berbagai macam penyakit in syaa Allah bisa ngobatin banyak penyakit maka Makin banyak puasa.Makin bersih tubuh kita..Makin sehat kita.In syaa Allah

Sungguh bahagialah kita diperintahkan Allah untuk berpuasa.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Apa Rahasia Agar Awet Kenyang Selama Puasa ?
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami