> Apa Bahayanya Jika Berbuka Puasa Dengan Rokok ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Mei 23, 2019

Apa Bahayanya Jika Berbuka Puasa Dengan Rokok ?


Apa Bahayanya Jika Berbuka Puasa Dengan Rokok ?


Hikmahdanhikmah.com - Apakah anda termasuk orang yang pernah melakukan berbuka puasa dengan rokok ? .Sejatinya puasa merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan dengan cara melakukan detoksifikasi secara alami serta membuat kadar gula darah kita menjadi lebih stabil. Namun jika yang kita lakukan berbuka puasa dengan rokok, maka bukan manfaat kesehatan yang akan kita dapatkan.

Tahukah kita jika kita melakukan berbuka puasa dengan merokok, maka secara tidak langsung tubuh kita akan mudah terserang penyakit. Banyak orang terutama para pria yang sering melakukan hal ini dikarenakan sebab belum sempat makan, masih sibuk bekerja, tidak selera dengan menu makan berbuka atau sebab yang lain.

Baca Juga : Bahaya Jika Sering Menunda Berbuka Puasa

Kita tahu bahwa dalam satu batang rokok, mengandung banyak zat aktif yang sangat berbahaya bagi tubuh yang justru akan menyebabkan jumlah radikal bebas dalam tubuh kita semakin banyak. Sedangkan radikal bebas sendiri kita tahu bisa menyebabkan munculnya sel kanker dalam tubuh kita.

Padahal saat seseorang melakukan puasa, maka secara alami tubuh akan memproduksi radikal bebas yang disebabkan karena tidak adanya unsur antioksidan yang dibawa melalui makanan.

Apakah tubuh kita tidak bisa memproduksi antioksidan sendiri ? Secara normal tubuh kita mampu menghasilkan antioksidan sendiri yang kita kenal dengan antioksidan endogen. Namun untuk melakukan itu semua, tubuh kita membutuhkan nutrisi atau makanan yang harus kita makan.

Saat kita melakukan puasa dengan tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama, maka secara otomatis produksi antioksidan endogen yang dihasilkan alami oleh tubuh jumlahnya akan menurun. Padahal secara normal tubuh kita membutuhkan antioksidan yang cukup untuk menetralkan kadar radikal bebas yang terdapat pada tubuh.

Sekarang coba kita logika saja, bagaimana jadinya jika kita melakukan berbuka puasa dengan merokok ? Kondisi ini justru akan meningkatkan kadar radikal bebas yang terdapat pada tubuh kita sehingga kita akan mudah terserang berbagai macam penyakit, diantaranya kanker.

Bukan hanya membuat tubuh kita mudah sakit, tingginya radikal bebas dalam tubuh juga menyebabkan kita cepat tua, banyak terjadi kerusakan sel, membuat kulit menjadi kusam dan keriput. Apakah anda menginginkan hal yang demikian ?

Untuk menghindari berbagai penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar radikal bebas dalam tubuh, maka saat berbuka puasa sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat bukan rokok. Anda bisa mengkombinasikan menu karbohidrat, protein, sayur dan aneka buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A, C dan E yang sangat efektif untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.


Artikel Terkait : Alasan Rokok Bisa Mengganggu Kesuburan Pria

alasan tidak boleh berbuka puasa dengan rokok, Apa Bahayanya Jika Berbuka Puasa Dengan Rokok, berbuka puasa dengan rokok, dampak buruk berbuka dengan merokok

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar