> Apa Bahayanya Jika Sering Menunda Berbuka Puasa ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Mei 23, 2019

Apa Bahayanya Jika Sering Menunda Berbuka Puasa ?




Hikmahdanhikmah.com - Mungkin sebagian kita sempat bertanya, apa bahayanya jika kita sering menunda berbuka puasa ?. Saat datang bulan puasa seperti sekarang ini, sering kali kita melihat seseorang menunda berbuka puasa yang disebabkan oleh beberapa alasan. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan dan Nabi juga tidak menganjurkannya.

Ternyata anjuran Nabi untuk menyegerakan berbuka puasa bukan tanpa sebab ilmiah. Berdasarkan ilmu kedokteran, menyegerakan berbuka puasa sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Sebaliknya jika sering menunda berbuka puasa, maka akan menimbulkan banyak masalah dalam tubuh kita.
Berikut dampak buruk jika kita sering menunda berbuka puasa :

1. Kadar gula darah turun (hipoglikemia)
Dampak buruk yang pertama jika kita sering menunda berbuka puasa adalah menyebabkan kondisi kadar gula darah yang turun (hipoglikemia). Hipoglikemia merupakan kondisi menurunnya kadar glukosa dalam darah yang disebabkan karena kurangnya asupan gula dalam tubuh. Secara normal tubuh kita akan menjaga kadar gula darah sebesar 70-110 mg/dl. Jika ternyata kadar gula darah kita kurang dari itu, maka akan membuat banyak fungsi tubuh menurun.

Apabila kita membiarkan kadar glukosa rendah akibat tidak menyegerakan berbuka puasa, maka akan membuat badan kita menjadi lemas. Kita tahu bahwa glukosa merupakan sumber energi yang penting bagi otak kita. Sehingga bisa dipastikan bahwa jika glukosa turun, maka akan terjadi gangguan fungsi otak.

Sebenarnya bukan hanya badan lemas dan penurunan fungsi otak saja yang akan terjadi jika kita mengalami hipoglikemia, namun sering kali merasa gemetar, keringat dingin, pusing, nyeri kepala, penurunan kemampuan fisik dan jantung berdebar-debar. Untuk itu sangat disarankan bagi kita untuk menyegerakan saat berbuka puasa meskipun hanya minum-minuman manis.

2. Tubuh lebih dehidrasi
Saat kita melakukan puasa atau menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, maka secara alami tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Nah saat kita menunda berbuka puasa, maka akan membuat kondisi dehidrasi tubuh kita lebih parah yang menyebabkan gangguan fungsi organ tubuh.
Untuk itu sangat disarankan untuk segera minum manis saat datang waktu berbuka puasa untuk merehidrasi tubuh kita. Saat tubuh kita mengalami dehidrasi, maka akan mengganggu banyak fungsi organ tubuh yang lainnya. Setelah anda minum manis bisa dilanjutkan dengan minum air putih yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi.

3. Gastritis
Dampak buruk yang terakhir jika kita sering menunda berbuka puasa adalah lebih mudah mengalami gastritis. Gastritis merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada lambung yang membuat rasa nyeri pada lambung. Kondisi ini sering dialami oleh mereka yang melakukan puasa.

Baca Juga : Apa Yang Membuat Asam Lambung Meningkat Saat Puasa ?
Sebenarnya puasa sendiri tidak menyebabkan gatritis, namun pola makan yang salah oleh para pelaku puasa kerap kali menyebabkan gangguan pada lambung. Kebiasaan buruk ini meliputi makan secara berlebihan saat datang waktu berbuka, langsung konsumsi minuman dingin saat berbuka dan kurang asupan cairan tubuh.


Artikel Terkait : Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

lasan kesehatan menyegerakan berbuka puasa, Apa Bahayanya Jika Sering Menunda Berbuka Puasa, dampak buruk menunda berbuka puasa bagi kesehatan, mengapa kita dilarang untuk tidak menunda berbuka puasa

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar