> Orangtua Hindari Bertengkar Di Depan Anak, Karena Dapat Berdampak Tidak Baik Pada Psikologi Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juni 13, 2019

Orangtua Hindari Bertengkar Di Depan Anak, Karena Dapat Berdampak Tidak Baik Pada Psikologi Anak


Orangtua Hindari Bertengkar Di Depan Anak

sumber gambar : http://tergambar.com

HikmahdaHikmah.com - Banyak orang yang berpendapat jika perceraian orangtua adalah hal yang paling membuat anak-anak akan merasa tidak bahagia. Karena itu perceraian menjadi hal yang paling di hindari oleh para orangtua.

Namun tahukah anda jika hasil dari sebuah penelitian yang di lakukan oleh University of York pada anak-anak yang ada di negara Inggris menyebutkan, jika ternyata anak-anak yang sering melihat orangtuanya bertengkar,mereka merasa lebih tersiksa dan sedih daripada melihat perceraian orangtuanya.

Baca Juga : Bukan Hanya Balita Saja, Anak Remaja Juga Butuh Sentuhan Orang Tua

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan jika ternyata anggapan orang selama ini yang menyebutkan jika perceraian dapat berdampak buruk pada anak tidak semuanya benar. Karena sebenarnya pertengkaran dan hubungan yang tidak baik antara orangtua sebelum proses perceraian itulah yang dapat berdampak tidak baik bagi psikologi anak.

Bahkan para peneliti juga mengungkapkan jika dari 19.000 anak yang sering melihat orangtuanya bertengkar, 30 persennya cenderung akan mengalami masalah dalam perilakunya. Seperti anak-anak ini kurang dapat berinteraksi dengan teman-temannya, memiliki masalah emosional,tidak sukses dalam karir, dll.

Beberapa pendapat mengungkapkan jika orangtua yang memilih bercerai biasanya mereka mempunyai pendidikan yang rendah,karena tinggi rendahnya pendidikan seseorang dapat mempengaruhi cara berfikir seseorang. Namun perceraian kadang terjadi juga karena faktor ekonomi dalam keluarga.

Namun menurut psikolog anak mengatakan, baik itu perceraian atau pertengkaran orangtua, dua-duanya dapat berdampak tidak baik bagi anak.Jika seorang anak sering menyaksikan orangtuanya bertengkar, hal ini bisa membuat kondisi psikologis anak terganggu.

Dan apabila orangtua bercerai, seorang anak akan merasa kehilangan salah satu sosok orangtuanya. Jika anak di titipkan pada kakek dan neneknya, mungkin hal ini dapat menggantikan peran ayah dan ibunya, namun peran itupun tidak bisa terlalu signifikan dirasakan oleh anak.

Jika memang perceraian adalah pilihan terbaik, maka hendaknya orang tua tetap memberikan kasih sayang yang utuh pada anak meskipun sudah tidak tinggal bersama-sama lagi untuk meminimalisir dampak buruk yang terjadi karena perceraian.


Artikel Terkait : Pengasuhan Anak Ternyata Juga Butuh Kerjasama

akibat jika orang tua sering bertengkar bagi anak, akibat orang tua sering bertengkar bagi anak, apa yang terjadi jika anak sering melihat orang tua sering bertengkar, dampak buruk orang tua bertengkar di depan anak, dampak negatif orang tua bertengkar depan anak, dampak psikologis bagi anak jika orang tua sering bertengkar, efek buruk orang tua sering bertengkar depan anak, efek buruk orang tua suka bertengkar depan anak, Karena Dapat Berdampak Tidak Baik Pada Psikologi Anak, Orangtua Hindari Bertengkar Di Depan Anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar