> Pentingnya Orangtua Mengajari Buah Hatinya Untuk Berbagi Sedari Kecil - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juni 17, 2019

Pentingnya Orangtua Mengajari Buah Hatinya Untuk Berbagi Sedari Kecil


Pentingnya Orangtua Mengajari Buah Hatinya Untuk Berbagi Sedari Kecil

HikmahdanHikmah.com - Hampir semua anak kecil akan rewel bahkan menangis jika di ajak berbagi makanan atau mainannya, apalagi jika belum pernah punya adik.Hal ini sangat wajar terjadi pada hampir semua anak kecil, apalagi yang usianya masih dibawah lima tahun.
Kebiasaan seorang anak untuk berbagi serta peduli pada sekelilingnya merupakan perilaku yang di lihat serta di contoh sang anak dari orangtuanya. Karena itu sebagai orangtua anda harus memberikan contoh yang baik seperti mengajarkan berbagi pada anak sejak masih usia dini.

Menurut salah satu edukator pola asuh yang berasal dari canada yang bernama Betsy Mann mengatakan jika sikap berbagi pada anak merupakan kemampuan sosial serta perkembangan kognitif pada anak di dalam fase tumbuh kembang.
Betsy mann juga memberikan beberapa tips dasar pada orangtua untuk mengajari dan memberi contoh kemampuan berbagi pada buah hatinya, seperti dibawah ini.
Mulai dari usia dini
Para orangtua bisa mulai mengajarkan berbagi pada anaknya ketika si anak sudah mulai bisa memegang makanan, mainan atau benda lainnya. Saat mengajari anak untuk berbagi gunakanlah metode “Giliranku dan Giliranmu” sambil memegang apa yang disukai si anak.

Baca Juga : Cara Melatih Anak Untuk Mempunyai Ketrampilan Sosial

Jadi panutan
Tahukah anda jika orangtua merupakan contoh yang pertama bagi anaknya. Karena itu untuk melatih anak terbiasa berbagi pada sekelilingnya harus dimulai dari orangtuanya yang senantiasa memberikan contoh pada anaknya. Untuk itu anda sebagai orangtua harus bisa memperlihatkan serta melakukan perbuatan yang baik di dipan anak anda.

Pujian yang deskriptif
Memberikan pujian yang berlebihan pada anak akan memberikan efek yang tidak baik di kemudian hari. Ketika orangtua melihat anaknya berbagi kepada temannya jangan memberikan pujian seperti “kamu anak yang hebat,baik dll” tetapi yang seharusnya anda lakukan adalah memberikan pujian yang deskriptif seperti “Apa tadi kamu lihat Andi tersenyum saat kamu mau berbagi mainan dengannya? Andi terlihat sangat senang”

Memberikan pujian yang detail pada anak dapat membantu anak memahami efek baik buruknya dari perbuatan yang dilakukan sang anak.


Artikel Terkait : Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang

bagaimana cara mengajari anak agar suka memberi, cara mengajari anak sedekah, manfaat mengajari anak sedekah sedini mungkin, manfaat mengajari anak untuk suka berbagi, mulai kapan sebaiknya orang tua mengajari anak suka memberi, Pentingnya Orangtua Mengajari Buah Hatinya Untuk Berbagi Sedari Kecil, tips mengajari anak suka memberi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar