> Penyebab Lain Anak Yang Susah Makan - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juni 05, 2019

Penyebab Lain Anak Yang Susah Makan


Penyebab Lain Anak Yang Susah Makan


HikmahdanHikmah.com – Setiap orang tua tentunya akan merasa senang saat melihat anaknya suka makan. Namun bagaimana jika sebaliknya ? Anak kita ternyata susah makan. Mempunyai anak yang susah makan tentunya membuat para orang tua menjadi pusing. Anak yang susah makan akan rentan mengalami kurang nutrisi yang membuat berat badan dan perkembangan tidak bisa berjalan dengan baik.

Ternyata ada beberapa penyebab yang mungkin tidak terduga bagi kebanyakan orang tua yang bisa menyebabkan seorang anak menjadi susah makan.

Berikut beberapa penyebab lain anak susah makan :

1.Tidak ada kesempatan makan camilan
Penyebab yang tak terduga yang membuat seorang anak menjadi susah makan adalah karena tidak mempunyai waktu untuk makan camilan. Hal ini terlihat sepele namun ternyata berdampak cukup besar terhadap pola makan anak. Sebagai orang tua harus mengatur pola makan anak, kapan waktunya makan dan kapan waktunya ngemil. Bagaimanapun juga anak memerlukan makanan camilan untuk menambah kalori yang menunjang perkembangannya.

2.Memberi makan terus menerus saat berada di perjalanan
Sering kali kita melihat orang tua yang selalu memberikan makanan kepada anaknya saat dalam perjalanan atau naek kereta api. Dengan memberikan makanan camilan yang terus-menerus, maka akan membuat anak menjadi tidak mengenali rasa lapar dan kenyang. Seoarang anak akan cenderung lupa jadwal makan karena asik dengan makanan camilan yang selalu tersedia.

Yang menjadi ironi adalah para orang tua suka melakukan hal ini dengan harapan agar anaknya tidak rewel selama perjalanan. Padahal apa yang dilakukan akan berdampak pada anak menjadi susah makan dan tidak bisa mengenali rasa lapar dan kenyang.

Baca juga ; pentingnya memperhatikan nutrisi pada camilan anak.

3.Makan camilan sebelum atau sesudah waktu makan
Sering kali orang tua membiarkan anaknya untuk makan camilan sebelum melakukan makan besar. Secara tidak sadar akan membuat anak kita menjadi malas makan atau makan dalam jumlah yang amat sedikit. Hal ini tentu dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakan sebelum jadwal makan besar.

Untuk itu tidak disarankan memberikan camilan kepada anak sebelum waktu makan besar. Jika terpaksa anak kita menangis ingin mengkonsumsi camilan, maka berikan jenis camilan yang tidak memberikan efek kenyang yang berlebihan sehingga membuat anak kita tetap mau makan.

4. Hanya makan makanan ringan
Tanpa kita sadari bahwa anak kita sering membelikan anak camilan yang mengandung rasa manis dan asin. Ternyata jenis camilan yang seperti ini akan memicu seorang anak menjadi malas makan.

Untuk memberikan camilan yang sehat bagi anak, maka sangat disarankan memilih jenis buah atau sayuran yang kaya akan serat yang bermanfaat bagi kesehatan anak. Selain itu anak juga menjadi suka dengan buah dan sayur.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar