> Apakah Makanan Kerupuk Bermanfaat Bagi Kesehatan ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 04, 2019

Apakah Makanan Kerupuk Bermanfaat Bagi Kesehatan ?


Apakah Makanan Kerupuk Bermanfaat Bagi Kesehatan ?

sumber gambar : http://www.masonhq.org

Hikmahdanhikmah.com - Mengkonsumsi kerupuk bukan hal asing bagi lidah orang Indonesia. Bahkan camilan kerupuk kerap selalu mendampingi meja makan setiap kali makan. Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah apakah kerupuk memberikan manfaat bagi kesehatan ?

Rasanya yang enak dan gurih inilah yang membuat banyak orang tak bisa lepas dengan kerupuk. Makanan yang satu ini memang terasa nikmat saat disantap bersamaan makan nasi. Bahkan buat camilan juga terasa enak. Namun pernahkah kita berpikir apa kandungan nutrisi yang terkandung dalam kerupuk dan adakah manfaatnya bagi kesehatan kita ?

Kalau melihat proses pembuatan kerupuk yang umum dilakukan, maka makanan kerupuk memang terbuat dari bahan dasar terigu, tepung tapioka, bawang putih, garam, gula, merica, penyedap dan tak ketinggalan air. Semua bahan tersebut akan dicampur jadi satu dan dijadikan sebuah adonan yang kemudian dicetak sesuai ukuran . Setelah berbentuk, maka dilakukan penjemuran di bawah sinar matahari sampai kering baru bisa digoreng dengan minyak goreng yang panas.

Kalau melihat komposisi dasar kerupuk, maka kandungan yang paling besar adalah karbohidrat dan juga lemak. Kedua nutrisi tersebut memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun agar bisa dikonsumsi, maka kerupuk akan melalui proses penggorengan dengan minyak. Parahnya adalah minyak yang dibuat untuk menggoreng tidak selalu diganti sehingga kerap digunakan untuk berulang kali. Kondisi ini membuat kerupuk kaya akan kandungan lemak jahat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama jantung.

Bagaimana dengan kerupuk yang dibuat dari bahan yang kaya nutrisi seperti udang ?. Kerupuk yang terbuat dari bahan dasar udang seperti yang banyak diproduksi oleh pabrik-pabrik memang kaya akan manfaat kesehatan. Namun tak leps juga dengan bahan tambahan seperti pengawet dan juga penyedap yang membuat kerupuk terasa lebih nikmat.

Belum lagi jika ternyata saat menggoreng kita menggunakan minyak goreng yang digunakan berulang kali. Kebiasaan ini akan membuat kerupuk menjadi banyak kandungan lemak dan kolesterol yang tak baik bagi kesehatan terutama jantung dan pembuluh darah.


Artikel Terkait :
Apakah Makanan Kerupuk Bermanfaat Bagi Kesehatan, bahaya kerupuk bagi kesehatan, bahaya makan kerupuk, dampak buruk suka makan kerupuk bagi kesehatan, dampak negatif suka makan kerupuk bagi kesehatan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar