> Dampak Buruk Mempunyai Sifat Suka Menghakimi - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 06, 2019

Dampak Buruk Mempunyai Sifat Suka Menghakimi


Dampak Buruk Mempunyai Sifat Suka Menghakimi
menghakimi orang lain


Hikmahdanhikmah.com – Sekarang ini sering kita menjumpai seseorang yang suka menghakimi orang lain meskipun orang tersebut belum ia kenal. Mereka suka melakukan komentar, dan menghakimi tentang perilaku seseorang. Padahal perilaku yang seperti ini kurang baik.

Terlebih sekarang ini jamannya media sosial yang menuntut orang bisa berinteraksi dengan banyak orang meskipun belum dikenal. Kalau dulu orang yang menghakimi mengharuskan melihat orang tersebut. Namun sekarang ini menghakimi lebih mudah dilakukan melalui media sosial.
Banyak orang yang mengatakan kalau orang sekarang ini lebih suka mengkritik atau memberikan komentar terhadap apa yang dilakukan orang lain. Mereka dengan mudahnya menghakimi seseorang tanpa mengenal lebih jauh orang tersebut.

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukam agar tidak mempunyai sifat yang suka menghakimi :

- Ubah yang negatif jadi positif
Langkah pertama yang harus kita lakukan agar tidak mempunyai sifat yang suka menghakimi adalah dengan belajar merubah hal negatif yang dilakukan orang menjadi hal yang positif. Misalnya saja saat kita melihat busana seseorang yang tidak pantas, maka berusahalah untuk tidak mengkritik dengan hal yang negatif. Cobalah berpikir yang positif tentang seseorang tersebut misalnya bahwa memang itu menjadi gaya yang diinginkan orang tersebut sehingga mereka bangga.

Baca Juga : Ingat Tidak Semua Teman Suka Dengan Anda

- Cari hal positif
Langkah kedua adalah belajar untuk mempunyai pikiran yang positif. Kalau dalam istilah agama Islam itu namanya khusnudhon atau bersangka yang baik atau positif tentang seseorang. Kalau melihat seseorang yang kurang tepat sifat dan perilakunya, maka cobalah untuk berpikiran yang positif.

- Hilangkan perasaan tidak aman
Tahukah kita bahwa munculnya sifat suka menghakimi bisa disebabkan karena sifat tidak aman dengan dirinya atau bahasa awamnya kurang bersyukur. Kalau kita lebih bisa bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang ini, maka kecenderungan menghakimi seseorang yang berlatar belakang kecemburuan akan terhindarkan.

- Batasi gosip
Untuk menghindarkan sifat suka menghakimi, maka usahakan jangan suka melakukan gosip. Memang membicarakan tentang gosip atau hal buruk orang lain sangat menyenangkan. Padahal belum tentu kita lebih baik dari orang yang kita gosibkan.

- Nilai tindakannya, bukan orangnya
Tips yang terakhir yang harus kita miliki agar tidak mempunyai sifat suka menghakimi adalah dengan cara tidak menilai orang, namun lebih pada tindakan yang dilakukan. Misalnya saja kalau kita merasa salah dan diingatkan oleh seseorang yang menurut kita menyebalkan, maka jangan melihat orangnya namun lebih pada nilai yang diucapkan oleh orang tersebut.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : 3 Tips Mempunyai Pikiran Yang Positif

bahaya sifat suka menghakimi orang lain, Dampak Buruk Mempunyai Sifat Suka Menghakimi, dampak negatif sifat suka menghakimi orang lain, efek buruk suka menghakimi orang, jangan suka menghakimi orang, orang yang suka menghakimi orang lain

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar