Apa Benar Orang Yang Baik Cenderung Rentang Depresi ?

sumber gambar : https://hellosehat.com

Hikmahdanhikmah.com – Mempunyai sikap dan perilaku yang baik kepada orang lain akan menghindarkan kita dari permusuhan. Itu adalah bentuk atau ciri orang yang baik. Namun kabar kurang baik muncul bahwa ada anggapan kalau orang yang punya sifat baik cenderung rentan mengalami depresi, benarkah demikian ?

Ternyata hal itu benar dan dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurna yang bernama Nature Human Behavior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mempunyai tingkat kepekaan sosial dan ketidakadilan lebih rentan menunjukkan gejala depresi dibandingkan dengan mereka yang mempunyai sifat egois.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Menurut pendapat para peneliti mengatakan bahwa orang yang mempunyai sifat ‘baik’ cenderung memiliki empati yang lebih besar, rasa bersalah dan mudah mengalami stres.

Dengan membaca hasil penelitian ini bukan berarti kita dituntut untuk tidak memilki sifat yang baik kepada orang lain. Berbuat baik kepada orang lain terutama bagi mereka yang membutuhkan adalah sebuah sifat yang mulia. Anda jangan khawatir mudah terjerumus pada depresi karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satu cara yang juga terbukti secara ilmiah adalah sifat suka memberi kepada orang lain yang bisa membuat hati kita lebih bahagia.

Selain sifat suka memberi bisa memberikan efek bahagia, suka melakukan olahraga juga akan berdampak pada kesehatan mental yang lebih baik. Selain semua hal yang telah disebutkan tadi, ada pondasi dasar agar kita bisa hidup dengan lebih bahagia dan tak mudah depresi yaitu dengan menanamkan sifat suka bersyukur atas nikmat – nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita.


Artikel Terkait : Ternyata Bersyukur dan Berdoa di Malam Hari Mempunyai Manfaat Yang Sangat Besar Bagi Kesehatan
Previous
« Prev Post

Related Posts

Apa Benar Orang Yang Baik Cenderung Rentang Depresi ?
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami