Bagaimana Cara Mengetahui Seorang Anak Mengalami Gangguan Kecemasan ?

kenali tanda kecemasan pada anak

Hikmahdanhikmah.com – Mengalami kecemasan pasti pernah dialami oleh setiap orang termasuk seorang anak. Hal ini terbilang wajar karena dalam kehidupan pasti ada hal yang baik dan buruk. Namun jika berlangsung lebih sering ini menjadi sebuah masalah terlebih bagi seorang anak.
Dengan potensi bahaya yang lebih besar jika kecemasan melanda anak-anak, maka sangat penting sekali seorang orang tua untuk bisa mengenali tanda dan gejala seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan.

Berikut beberapa tanda dan gejala seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan :

- Memikirkan hal buruk
Tanda pertama seorang anak mengalami gangguan kecemasan adalah akan selalu memikirkan hal buruk. Hal ini bisa terlihat ketika anak mendapatkan hasil ulangan yang jelek atau mendapatkan nilai olahraga yang buruk. Mereka akan memikirkan hal ini secara terus-menerus yang membuatnya merasa cemas.

- Pola makan berubah
Seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan akan cenderung mengalami gangguan pola makan. Anak akan menjadi lebih malas makan meskipun menu makanan menjadi menu favoritnya. Kondisi ini sama saat seorang dewasa mengalami kecemasan yang bisa berpengaruh pada selera makan.

- Gangguan penyakit
Tanda ketiga seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan adalah munculnya sebuah gangguan penyakit. Anak yang cemas bisanya akan dibarengi dengan tidak masuk sekolah yang disebabkan karena sakit, seperti kepala pusing, nyeri perut dan nyeri otot.

- Tantrum
Tantrum menjadi sebuah tanda seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan. Kondisi ini bisanya terjadi pada anak yang masih berusia dini. Namun hal ini juga bisa terjadi pada seorang anak yang saat cemas tidak bisa melakukan ekspresi emosi yang bersifat kompleks.

- Semua dirasa salah
Seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan akan bisa menyebabkan munculnya perasaan yang selalu salah. Mereka menganggap apa yang dilakukannya selalu salah, berdampak buruk dan mempunyai pikiran yang pesimis.

- Agresif
Tanda selanjutnya munculnya kecemasan pada anak adalah ditandai dengan adanya perilaku yang agresif. Beberapa contohnya adalah saat mendapatkan hasil ulangan jelek anak akan menyobek kertas ujian, memarahi temannya atau bahkan memukul teman yang merupakan bentuk ekspresi kekesalan yang menjadikan dia agresif.

Baca Juga : Hal-hal Yang Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif
- Susah tidur
Tanda yang terakhir seorang anak mengalami gangguan kecemasan adalah munculnya gangguan tidur. Seperti halnya orang dewasa, saat banyak pikiran atau cemas akan cenderung susah untuk mengawali tidur. Kondisi ini juga berlaku bagi seorang anak.

Sumber : Kompas.com


Artikel Terkait : Bahaya Seorang Anak Yang Mengalami Kegemukan

apa saja ciri anak yang cemas, apa saja tanda kalau anak mengalami gangguan kecemasan, Bagaimana Cara Mengetahui Seorang Anak Mengalami Gangguan Kecemasan, cara mengenali anak yang mengalami gangguan kecemasan, cara mengenali tanda kecemasan pada anak, ciri-ciri anak yang terganggu psikologisnya, gangguan kecemasan pada anak, kecemasan pada anak
Previous
« Prev Post

Related Posts

Bagaimana Cara Mengetahui Seorang Anak Mengalami Gangguan Kecemasan ?
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami