> Bahayakah Memanaskan Makanan Kemasan Plastik ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Agustus 03, 2019

Bahayakah Memanaskan Makanan Kemasan Plastik ?



Hikmahdanhikmah.com – Mungkin saat ini kita masih ragu apakah berbahaya memanaskan makanan kemasan dalam plastik ?. Sekarang ini sering kita menjumpai makanan yang harus dimasak dalam kemasan plastik kemudian direbus. Kesan pertama pasti kita berfikiran makanan tersebut kurang sehat bagi kesehatan.

Menurut seorang profesor ilmu kesehatan lingkungan yang bernama Laura Vandenberg, Ph.D mengatakan saat terjadi pemanasan pada makanan yang menggunakan plastik maka zat kimia yang terkandung dalam plastik yaitu bisphenol A dan phthalates akan bisa larut dalam makanan tadi.
Dalam hal ini masih diperdebatkan tentang bahaya pada zat kimia yang terkandung dalam plastik. Ada sebagian profesor, ilmuwan dan dokter spesialis mengatakan bahwa saat terjadi pembakaran pada makanan yang dikemas plastik maka ada senyawa yang akan masuk ke dalam makanan dan menimbulkan interaksi terhadap hormon tubuh sehingga dapat memicu terjadinya penyakit kanker, diabetes dan obesitas.

Baca juga : sarapan pagi bisa mencegah stres.

Tetapi menurut FDA atau Food and Drug Administration mengatakan bahwa telah dilakukan penelitian berulang kali bahwa zat kimia yang terdapat pada plastik aman untuk dikonsumsi tubuh manusia. Hal ini juga didukung oleh otoritas keamanan makanan Eropa.

Mereka yang beranggapan aman menyatakan bahwa kandungan zat dalam plastik yang masuk ke dalam tubuh akan secara alami dihancurkan oleh tubuh manusia. Tetapi ini semua masih kontroversi. Mereka tidak akan mungkin melakukan pembuktian dengan melakukan uji coba terhadap manusia dengan resiko zat kimia yang terkandung dalam plastik kemasan. Mereka hanya berpatokan pada penelitian yang dilakukan pada seekor hewan.

Bagi seorang konsumen sebaiknya kita memilih aman saja. Jangan melakukan pemanasan terhadap makanan yang dibungkus dengan plastik atau dalam wadah plastik. Hal ini demi mengantisipasi zat-zat kimia berbahaya yang bisa saja masuk ke dalam tubuh kita dan bisa memicu berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Artikel Terkait : para ulama menjelaskan arti afiat sebagai berikut

apakah berbahaya pemanasan terhadap makanan yang dibungkus plastik, bahaya pemanasan terhadap makanan kemasan plastik, Bahayakah Memanaskan Makanan Kemasan Plastik

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar