> Bingung Bagaimana Cara Berkomunikasi Yang Baik Pada Bayi ? Ini Tipsnya - BAYAR ZAKAT ONLINE

Agustus 16, 2019

Bingung Bagaimana Cara Berkomunikasi Yang Baik Pada Bayi ? Ini Tipsnya

sumber gambar : www.satuharapan.com

Hikmahdanhikmah.com – Seorang bayi sangatlah penting untuk diajak komunikasi dengan orang tuanya. Meskipun seorang bayi belum bisa berbicara dengan orang lain. Namun banyak orang tua yang belum tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan bayi.

Mengajak komunikasi kepada seorang bayi tidak seperti kita berbicara dengan orang lain atau anak yang sudah besar. Menurut seorang pakar bahasa yang berasal dari Australia mengatakan bahwa untuk bisa berkomunikasi yang baik dengan bayi, maka harus memperhatikan emosi, ritme, volume dan struktur karakteristik.
Untuk membahasnya secara lengkap, mari kita bahas lebih detail tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan seorang bayi :

Frekuensi dan volume
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi dengan bayi adalah memperhatikan frekuensi dan volume. Kita harus bisa membedakan saat berbicara dengan anak yang lebih besar dengan anak yang masih bayi terutama dalam hal frekuensi dan volume.

Sangat disarankan untuk banyak melakukan komunikasi kepada bayi. Hal ini akan membuat bayi kaya akan kosa kata sehingga saat usia 3 tahun mereka akan lebih banyak mengenal kata yang berpengaruh pada kemampuan bahasa dan membaca.
Baca Juga : Dampak Buruk Bayi Yang Sering Mengisap Jari

Melakukan komunikasi kepada bayi jangan menggunakan ritme yang cepat dan volume yang keras. Lakukan komunikasi dengan lembut dan intonasi yang pelan jangan terlalu cepat.

Bahasa tubuh dan isyarat visual
Hal kedua yang harus diperhatikan dalam komunikasi dengan bayi adalah memperhatikan bahasa tubuh dan isyarat visual. Saat berbicara dengan bayi sangat penting untuk diiringi dengan isyarat tubuh seperti senyum atau lambaian tangan.

Dengan diiringi dengan bahasa tubuh dan isyarat visual yang baik, maka membuat seorang bayi lebih mudah mengerti maksud komunikasi kita. Bayi akan mudah untuk tersenyum dan memahami ucapan kita.

Kontak mata
Tips yang ketiga untuk melakukan komunikasi yang baik kepada bayi adalah memperhatikan kontak mata. Dengan melakukan kontak mata saat berkomunikasi pada bayi, maka akan meningkatkan rasa perhatian sehingga bayi merasa lebih nyaman dan senang.
Cara berkomunikasi ini perlu diperhatikan oleh para orang tua yang memiliki bayi. Dengan menerapkan tips diatas, maka akan memberikan efek yang lebih bagus bagi perkembangan bayi terutama dalam hal kemampuan bahasa dan membaca saat usia sekolah nanti.

Sumber : Kompas
Artikel Terkait : Manfaat Terapi Musik Bagi Bayi


bagaimana cara komunikasi yang baik kepada bayi, beberapa cara komunikasi yang disarankan kepada bayi, Bingung Bagaimana Cara Berkomunikasi Yang Baik Pada Bayi ? Ini Tipsnya, cara berkomunikasi yang baik pada bayi, cara ngomong kepada seorang bayi yang baik, tips berkomunikasi yang baik kepada bayi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar