> Mengapa Anak Saya Kesulitan Memahami Pelajaran ? Penting Mengenali Gaya Belajar Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

Agustus 05, 2019

Mengapa Anak Saya Kesulitan Memahami Pelajaran ? Penting Mengenali Gaya Belajar Anak



sumber gambar : log.viva.co.id

Hikmahdanhikmah.com – Mungkin kita mengalami punya anak yang merasa kesulitan untuk memahami pelajaran di sekolahnya. Biasanya kebanyakan dari orang tua akan menuding kalau anak kita memang bodoh. Padahal hal ini belum tentu. Anak yang sulit memahami pelajaran di sekolah bisa disebabkan karena gaya belajar yang diberikan tidak sesuai dengan gaya belajar anak kita.

Ternyata setiap anak mempunyai gaya belajar tersendiri yang membuatnya unik berbeda dengan orang lain. Hal ini sesuai dengan ungkapan seorang psikolog anak dan remaja yang bernama Putu Andani.

Berikut beberapa gaya belajar anak untuk bisa memahami suatu pelajaran di sekolah :

1. Visual
Gaya belajar yang pertama adalah jenis visual. Anak yang menyukai model ini, maka akan dengan mudah memahami pelajaran yang ia lihat yang di ajarkan oleh guru mereka di sekolah.

Biasanya seorang anak yang mempunyai gaya belajar visual ini akan sangat mudah memahami suatu pelajaran yang disajikan dalam bentuk gambar, video atau film.

Baca Juga : Manfaat Olahraga Bisa Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak

2. Auditori
Gaya belajar anak yang kedua adalah dengan cara auditori. Artinya adalah anak akan lebih mudah menangkap dan memahami pelajaran dengan cara mendengarnya. Misalnya saja anak yang mempunyai gaya ini suka membaca dengan lebih keras dan mendengar apa yang ia baca. Dengan begitu anak merasa lebih mudah untuk mengerti dan hafal apa yang ia baca.

3. Kinestetik
Gaya belajar yang ketiga yang cukup unik adalah gaya kinestetik. Seorang anak yang mempunyai kecenderungan memiliki gaya belajar kinestetik akan lebih mudah memahami suatu pelajaran yang disajikan dalam bentuk gerakan tubuh. Biasanya kalau sedang belajar anak model ini sambil bergerak dan tidak bisa diam.

Yang membuat unik adalah anak dengan model belajar kinestetik akan merasa kesulitan dalam menangkap pelajaran jika hanya mendengarkan dengan duduk diam saja.

Ada juga seorang anak yang mempunyai ketiga gaya belajar tersebut. Namun biasanya salah satu akan dominan dan mampu diterapkan dengan baik sehingga anak akan jauh lebih cepat untuk memahami suatu pelajaran yang diberikan oleh Guru.

Sumber : Kompas.com

Artikel terkait : Warna Kuning Terbukti Bisa Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

apa saja gaya belajar seorang anak, cara mengenali cara belajar anak yang baik, Mengapa Anak Saya Kesulitan Memahami Pelajaran ? Penting Mengenali Gaya Belajar Anak, metode belajar yang harus dipahami orang tua, penyebab seorang anak sulit memahami materi pelajaran, tips mengenali metode belajar yang disukai oleh anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar