Serius Ada Makanan Yang Bisa Membuat Bahagia ?


sumber gambar : www.kehamilanku.web.id


Hikmahdanhikmah.com – Setiap orang tentunya pernah merasakan stres, sedih, dan mudah marah. Orang yang mengalami hal ini akan membuat mood menjadi tidak enak sehingga malas melakukan aktivitas. Apabila anda sering mengalami hal seperti ini, maka tahukah kita bahwa ada jenis makanan yang bisa meningkatkan mood kita sehingga lebih bahagia.

Secara umum penyebab dari seseorang mengalami mood yang jelek adalah disebabkan karena faktor hormonal. Jenis hormon yang terkait untuk suasana hati adalah serotonin dan dopamin. Seseorang yang sedang sedih akan mengalami kadar hormon serotonin dan dopamin yang rendah. Jadi jenis makanan yang bisa meningkatkan mood kita adalah yang bisa meningkatkan kadar serotonin dan dopamin.

Kedua hormon yaitu dopamin dan serotonin merupakan hormon yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Bukan hanya itu saja kedua jenis hormon tersebut juga sangat penting bagi kesehatan otak kita. Jadi apabila kadar hormon ini kurang dalam tubuh kita, maka akan berdampak luas bagi kesehatan tubuh kita.

Namun anda tidak usa khawatir, ternyata kalau kita sedang sedih, stres atau deperesi maka bisa mengatasinya atau menguranginya dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan saja. Menurut para pakar jenis makanan ini bisa mengembalikan mood kita agar tidak lagi sedih, stres dan depresi.

Berikut secara detail beberapa jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan mood kita :

1. ROTI
Jenis makanan pertama yang bisa mengurangi mood kita yang turun adalah roti. Mungkin banyak orang yang tidak mengira kalau makan roti bisa membantu meredakan suasana hati yang sedih. Hal ini disebabkan karena roti kaya akan kandungan karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh sehingga bisa menjadi nutrisi yang cepat bagi otak. Kondisi ini akan membuat hormon serotonin lebih banyak diproduksi.

2. COKELAT
Jenis makanan yang kedua yang bisa meningkatkan mood kita adalah makan cokelat. Mungkin sudah banyak orang yang tahu kalau cokelat bisa membantu membuat hati kita lebih senang. Oleh karena itu jenis makanan ini erat kaitannya dengan pasangan muda yang biasanya diberikan saat hari valentine agar saat pasangan mengkonsumsinya, maka hatinya terasa lebih senang.

3. BAYAM
Jenis makanan selanjutnya yang bisa bermanfaat bagi yang hatinya lagi sedih adalah bayam. Kita tahu bahwa bayam mengandung banyak zat besi yang kaya manfaat bagi kesehatan. Dengan asupan zat besi yang cukup maka akan membuat aliran darah menuju otak menjadi lebih lancar.

4. JERUK
Bagi anda yang sedang jalan-jalan minum merasa hatinya sedih, maka anda bisa membeli jeruk dan bisa langsung mengkonsumsinya untuk mengurangi suasana hati yang lagi sedih. Buah yang banyak dijual ini ternyata cukup efektif untuk membuat suasana hati yang sedang sedih untuk kembali lebih bahagia.
5. IKAN
Dengan banyak mengkonsumsi ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3, maka akan bisa bermanfaat meningkatkan produksi hormon serotonin yang berperan dalam meningkatkan mood seseorang.

6. KUNYIT
Jenis makanan kelima yang bisa meningkatkan mood kita adalah kunyit. Selama ini kunyit banyak dikenal sebagai obat tradisional orang Indonesia untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Ternyata selain bisa menyembuhkan banyak penyakit, kunyit bisa meningkatkan kadar hormon serotonin yang bisa membuat suasana hati kita menjadi lebih senang.

7. KELAPA
Ternyata dalam kelapa juga mengandung cukup banyak asam lemak omega-3 yang bisa bermanfaat meningkatkan kadar hormon serotonin. Dengan demikian bagi mereka yang sedang sedih bisa mengkonsumsi kelapa untuk membuat mood lebih bahagia.


Artikel Terkait : Manfaat Menangis Saat Stres

benarkah ada makanan yang bisa membuat bahagia, cara meningkatkan mood dengan cara alami, jenis makanan yang bisa meningkatkan mood kita, manfaat makan cokelat bagi orang yang galau, manfaat makan cokelat bagi orang yang sedang sedih, Serius Ada Makanan Yang Bisa Membuat Bahagia
Previous
« Prev Post

Related Posts

Serius Ada Makanan Yang Bisa Membuat Bahagia ?
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami