> Tips Mendidik Anak Angkat Yang Baik - BAYAR ZAKAT ONLINE

Agustus 11, 2019

Tips Mendidik Anak Angkat Yang Baik

sumber gambar : okezone.com


Hikmahdanhikmah.com – Memiliki anak angkat memang tidak seperti memiliki anak kandung sendiri. Namun bagi pasangan yang belum punya anak, mengambil anak angkat menjadi solusi untuk mengisi kerinduan terhadap seorang anak. Lantas bagaimana tips untuk mendidik anak angkat ?
Meskipun dia adalah bukan anak kandung kita, tetap karena kita sudah berkomitmen untuk mengasuhnya maka kita berusaha menganggap bahwa dia seperti anak kita sendiri. Jadi masalah pendidikan, pola asuh dan masa depan kita yang tentukan.

Baca Juga : Tips Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia dan Kelak Punya Penghasilan Besar
Anak angkat memang secara biologis bukan anak kita. Hal ini yang membuat banyak orang merasa sulit mendidik anak angkat karena biologisnya berbeda. Artinya anak angkat akan lebih banyak mewarisi perilaku dan sifat orang tua kandungnya.

Menyikapi hal yang demikian, maka para pakar sangat menyarankan untuk lebih sering melakukan diskusi terhadap anak angkat kita. Hal ini lebih terkait dengan kebiasaan anak yang dinilai kurang sepaham dengan kita sebagai orang tua angkat.

Misalnya saja anak angkat yang sudah mulai remaja dan sering kali pulang ke rumah tengah malam. Maka sebagai orang tua angkat harus memulai berdiskusi kepada anak tentang kesepakatan pulang jam malam. Hal ini mencegah terjadinya sebuah pemaksaan yang dilakukan orang tua.
Mengasuh anak angkat yang sudah berusia remaja memang bukan perkara yang mudah. Anak pastinya lebih lekat dengan kebiasaan orang tua aslinya dibandingkan dengan kita. Namun jika anak masih usia balita, maka pola asuh bisa lebih mudah sesuai yang kita harapkan.

Untuk menerapkan pola asuh bagi anak angkat yang sudah lebih dari lima tahun, maka sebaiknya kita lebih sering untuk melakukan sebuah diskusi atau negosiasi. Hal ini untuk mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan anak dan orang tua angkatnya. Dengan begitu bisa membuat sebuah komitmen bersama yang terbaik.


Artikel Terkait : Pola Asuh Kepada Anak Tidak Harus Berujung Pada Kebahagiaan
bagaimana cara mendidik anak angkat yang baik, cara mendidik anak angkat, pola asuh terhadap anak angkat, pola asuh yang baik bagi anak angkat, solusi mendidik anak angkat, Tips Mendidik Anak Angkat Yang Baik

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar