> Tips Agar Buah dan Sayur Tetap Segar - BAYAR ZAKAT ONLINE

September 23, 2019

Tips Agar Buah dan Sayur Tetap Segar

sumber gambar : http://ibudanmama.com/

Hikmahdanhikmah.com – Mengkonsumsi buah dan sayur yang masih segar memang lebih enak dan bernilai gizi tinggi. Untuk membuat tetap segar, maka hal yang sangat penting diperhatikan adalah cara penyimpanan. Ada beberapa tips yang harus dilakukan agar buah dan sayuran tetap segar.
Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa proses menyimpan buah dan sayur yang dilakukan dengan benar, maka akan membuat nilai gizi terutama kandungan vitamin yang tetap terjaga. Kita tahu bahwa buah dan sayur sangat rentan terhadap suhu panas, oksigen dan udara lingkungan.
Sebagai contohnya adalah jenis sayur bayam. Sayuran bayam kaya akan kandungan vitamin dan asam folat, namun jika salah dalam proses pengolahan maupun penyimpanan, maka kandungan vitamin itu bisa turun drastis sampai 50 persen.

Secara praktis menyimpan buah dan sayuran agar tetap segar adalah dengan menaruhnya di lemari kulkas. Meskipun terlihat sederhana, proses menyimpan di lemari es bisa juga menurunkan kandungan vitamin jika tidak dilakukan dengan benar. Seperti saat kita menyimpan di sebuah kulkas yang tidak ada kelembabannya. Pada kondisi ini akan membuat buah dan sayur justru menjadi kering.

Baca Juga : Amankah Menyimpan Telur di Kulkas ?
Suhu yang dingin pada lemari es memang sangat penting agar buah dan sayur tidak cepat layu dan menghambat pertumbuhan bakteri. Namun jika tidak ada kelembaban sama sekali, maka justru akan membuatnya menjadi kering. Hal yang sama terjadi saat kulit kita berada dalam ruangan yang dingin dalam kurun waktu yang lama, jika tidak terhidrasi maka akan membuat kulit kering.

Dengan teknologi lemari es yang semakin tinggi, maka membuat lemari es bukan hanya memberikan suhu yang dingin saja, tetapi juga memberikan kelembaban yang seimbang sehingga buat makanan, buah dan sayuran yang tersimpan bisa bertahan hingga 7 hari lamanya.

Meskipun demikian tidak semua lemari es mempunyai teknologi yang baik. Misalnya saja sayuran wortel yang ternyata bisa bertahan baik sampai 7 hari jika disimpan dalam lemari es yang mempunyai teknologi Fresh Shield Crisper. Jika tersimpan dalam lemari es biasa, maka wortel mengalami kekurangan kandungan air yang membuatnya cepat keriput dan mengering.


Artikel Terkait : Cara Mencuci Buah dan Sayur Yang Benar

bagaimana cara menyimpan buah dan sayur yang benar, bagaimana caranya agar buah dan sayur tetap segar, cara menyimpan buah dan sayur agar tetap segar, cara menyimpan buah dan sayur di kulkas, cara menyimpan buah dan sayur yang benar agar tetap segar, Tips Agar Buah dan Sayur Tetap Segar, tips menyimpan buah dan sayur agar tetap segar

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar