Oktober 22, 2019

Benarkah Kebiasaan Meniup Makanan Anak Berdampak Kurang Baik Bagi Kesehatan ?

sumber gambar : http://sulselekspres.com

Hikmahdanhikmah.com – Benarkah meniup makanan anak berdampak kurang baik bagi kesehatan ?. Bagi kebanyakan ibu saat menyuapi anaknya makanan yang hangat atau panas pastinya akan meniupnya dengan harapan agar makanan tersebut menjadi dingin. Ternyata kebiasaan ini menurut para pakar kesehatan kurang baik bagi kesehatan anak terutama untuk gigi dan mulut.

Mengapa hal ini bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan anak ? Ternyata kebiasaan suka meniup makanan anak yang masih panas akan memicu paparan bakteri streptococcus. Kita tahu bahwa seorang anak terlebih lagi bayi masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum optimal. Jadi kalau bakteri ini masuk pada tubuh bayi, maka akan berdampak buruk bagi kesehatannya terutama gigi dan mulut. Biasanya anak akan mengalami gangguan pertumbuhan gigi.

Hasil penelitian yang mengejutkan menyatakan bahwa hampir kebanyakan kasus kontaminasi bakteri streptococcus pada anak lebih banyak disebabkan karena ibu. Penularan bakteri ini lebih banyak disebabkan karena kebiasaan pemberian makan yang salah yaitu meniup makanan saat menyuapi Bukan hanya itu saja, kebiasaan ibu yang lain seperti suka menggunakan sendok si kecil untuk makan dan mencium bayi pada bagian bibir juga kerap menjadi mediator penularan bakteri streptococcus.

Dengan adanya informasi ini, maka dihimbau kepada para ibu untuk tidak terbiasa meniup makanan anak saat menyuapi. Lebih baik seorang ibu membiarkan makanan anak yang masih panas atau hangat untuk dingin secara alami. Selain itu tidak disarankan untuk ikut makan dengan menggunakan sendok si kecil, rutin selalu membersihkan mulut si kecil setelah menyuapi untuk menurunkan resiko paparan bakteri pada mulut bayi.


Artikel Terkait : Cara Mendeteksi Kesehatan Dari Bibir

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar