> Cara Menyikapi Seorang Anak Yang Suka Memegang Alat Kelamin - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 26, 2019

Cara Menyikapi Seorang Anak Yang Suka Memegang Alat Kelamin

sumber gambar : kompas.com

Hikmahdanhikmah.com – Saat seorang anak menginjak usia 3 sampai 6 tahun, maka tak jarang orang tua sering menjumpai anak suka memegang alat kelaminnya. Kebiasaan ini bisanya dilakukan sambil menonton televisi. Lantas bagaimana cara menyikapi kebiasaan anak yang seperti ini ?
Ternyata kebiasaan anak suka memegang alat kelamin pada usia 3-6 tahun menjadi bagian dari proses perkembangan. Fase ini dikenal dengan fase phalic dimana anak akan merasa lebih nyaman atau nikmat saat terjadi sentuhan pada alat kelamin. Ini menjadi fase perkembangan yang normal dan biasanya akan berhenti saat anak menginjak usia 6 tahun.

Baca Juga : Pentingnya Memberikan Mainan Pada Anak Sejak Lahir
Yang perlu diketahui adalah saat anak suka memegang alat kelamin bukan berarti mengalami fantasi seksual seperti halnya orang dewasa yang melakukan masturbasi. Anak hanya merasa nyaman dan nikmat saat alat kelaminnya mendapatkan sentuhan. Oleh karena itu, jangan memarahi anak jika kedapatan sedang memegang alat kelaminnya.

Saat anak sudah mulai suka memegang alat kelaminnya, maka saat inilah menjadi waktu yang tepat sebagai orang tua untuk memberikan pengetahuan seks. Kenalkan tentang organ seksual anak, nama, pentingnya menjaga kebersihan dan proses seorang adik kecil bisa lahir.

Orang tua memang disarankan mampu memberikan pengetahuan seksual dengan baik, ilmiah dan terbuka kepada anak. Dengan begitu anak akan mendapatkan informasi seksual yang benar dan sehat. Jika orang tua enggan untuk memberikan pengetahuan seksual, maka anak akan berusaha untuk mencarinya sendiri melalui media yang tidak sehat.

Sering kali melihat orang tua yang memberikan pengatahuan nama kelamin dengan sebutan yang lebih ‘sopan’ seperti penis dengan sebutan ‘burung’, sedangkan payudara dengan sebutan ‘susu’. Padahal menurut para pakar kebiasaan ini kurang baik karena anak pada saatnya akan merasa kebingungan. Berikan sebutan yang benar dan ilmiah seperti ‘burung’ dengan sebutan penis, ‘susu’ dengan sebutan payudara.

Selain memberi tahu anak nama alat kelamin yang benar, orang tua juga dituntut untuk mampu menjelaskan fungsi dari alat kelamin itu sendiri misalnya untuk buang air kecil dan tidak baik kalau dibuat mainan seperti dipegang-pegang. Kalau sering dibuat mainan, maka resikonya bisa menimbulkan lecet dan luka. Anda bisa menjelaskan hal ini kepada anak dengan baik.
Dengan memberikan penjelasan yang baik, maka anak akan merasa mengerti cara memperlakukan alat kelamin secara benar dan sehat.


Artikel Terkait : Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sejak Dini
anak yang suka memegang alat kelamin, apakah normal anak yang suka memegang alat kelamin, bagaimana jika anak sering memegang alat kelamin, Cara Menyikapi Seorang Anak Yang Suka Memegang Alat Kelamin, sikap orang tua jika anak suka memegang alat kelamin, tips mengatasi anak yang suka memegang alat kelamin

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar