> Dampak Buruk Duduk Lama Dalam Toilet - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 07, 2019

Dampak Buruk Duduk Lama Dalam Toilet


Hikmahdanhikmah.com – Terkadang sering kita melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan dalam toilet, namun kita lakukan. Hal ini membuat kita berada dalam toilet dalam waktu yang lama. Padahal seharusnya kamar mandi atau toilet hanya digunakan untuk buang air kecil, buang air besar dan mandi saja. Bukan untuk melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan diluar kamar mandi. Ternyata kebiasaan ini berdampak buruk bagi kita.

Kamar mandi atau toilet sebenarnya diciptakan seperti halnya kamar tidur. Kamar tidur merupakan tempat untuk kita istirahat atau berhubungan seks dengan pasangan saja. Begitu pula fungsi dibuatnya toilet.

Sering kita menjumpai seseorang yang sebenarnya belum terasa betul untuk melakukan buang air besar, namun mereka sudah memaksakan untuk masuk toilet. Padahal mereka mengaku tidak merasakan rasa mulas atau buang gas berlebih. Hasilnya membuat waktu kita lama terbuang dalam toilet menunggu BAB selesai. Padahal menurut para pakar kegiatan BAB harusnya dilakukan saat ada dorongan BAB saja dan bukan dipaksakan.

Apabila kita sering melakukan kebiasaan seperti ini, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Misalnya saat kita tidak begitu merasakan dorongan BAB, kita sudah masuk toilet. Yang terjadi adalah kita akan lama didalam toilet untuk sekedar mengejan menunggu BAB. Kebiasaan ini akan meningkatkan resiko hemoroid atau wasir.
Saat seseorang sering mengejan dengan keras saat didalam toilet, maka beresiko besar mengalami hemoroid atau wasir. Sering kita merasakan saat berlama-lama dalam BAB maka menyebabkan rasa yang panas bahkan sedikit nyeri pada anus yang disebabkan karena proses mengejan lama.

Menurut para pakar, seharusnya proses buang air besar tidak akan lebih dari 15 menit. Namun jika ternyata kita mempunyai kebiasaan BAB yang lebih dari 15 menit, maka kemungkinan kita mengalami masalah pada pencernaan kita.
Gangguan yang terjadi pada pencernaan bisa disebabkan karena faktor stres. Saat seseorang mengalami stres, maka peristiwa peristaltik pada usus akan menurun sehingga membuat proses pembuangan feses menjadi lambat dan cenderung padat.

Namun stres bukan menjadi satu-satunya faktor yang menyebabkan gangguan pada pencernaan. Gangguan pencernaan juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan serat dalam tubuh. Untuk mendapatkan serat yang cukup, maka banyak makan buah dan sayuran. Kebutuhan serat kita dalam sehari setidaknya mencapai 38 serat.

Pencarian terkait :
apa yang terjadi jika kita berlama-lama duduk dalam toilet, Dampak Buruk Duduk Lama Dalam Toilet, resiko kesehatan jika duduk lama dalam toilet, waktu normal untuk melakukan buang air besar

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar