> Inilah 5 Cara Meningkatkan Hubungan Antara Ayah dan Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 14, 2019

Inilah 5 Cara Meningkatkan Hubungan Antara Ayah dan Anak


Hikmahdanhikmah.com – Seorang anak penting untuk mempunyai hubungan yang baik dengan ayahnya. Hal ini disebabkan karena hubungan yang baik antara anak dan ayah akan membentuk kepribadian anak yang berdampak pada karier dan cara mencari pasangan bagi anak. Untuk itu penting sekali kita meningkatkan hubungan antara ayah dan anak.

Berdasarkan sebuah hasil studi menyatakan bahwa ada banyak manfaat yang diperoleh bagi anak akan hubungan yang baik dengan ayahnya, diantaranya anak akan menjadi seseorang yang tangguh, suka dengan hal-hal yang baru, berani ambil resiko, serta mempunyai daya tahan yang kuat jika mendapatkan masalah sulit.

Bagi seorang anak perempuan, hubungan yang kurang baik atau kurang adanya rasa kepercayaan pada ayah akan membuat kesuksesan anak menjadi terhambat.

Baca Juga : Dampak Orang Tua Yang Sering Stres Terhadap Prestasi Anak
Untuk itu sebagai seorang ayah sangatlah penting untuk menjaga hubungan yang baik dengan anak kita.

Berikut 5 cara meningkatkan hubungan antara ayah dan anak yang bisa kita lakukan :

1. Cari tahu masalah utama
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa penyebab utama hubungan kita dengan anak tidak terjalin dengan baik. Dengan menemukan masalahnya, maka kita bisa merencanakan solusi yang tepat untuk mengatasi hubungan yang kurang baik dengan anak.

2. Fokus pada hal yang positif
Cara kedua untuk meningkatkan hubungan antara ayah dan anak adalah dengan cara fokus pada hal yang positif. Sering kita melihat seorang anak yang tidak setuju dengan pola pemikiran ayahnya. Dari situ maka anak bisa menjaga jarak dengan ayahnya. Namun bagi seorang anak sebaiknya berfikir yang positif tentang ayah kita. Masalah perbedaan pemikiran hanya dijadikan hal sepele yang tidak membuat hubungan anak dengan ayah menjadi kurang baik.

3. Tanyakan mengenai kegiatannya dan tawarkan bantuan
Tips selanjutnya adalah dengan cara menanyakan tentang apa yang menjadi kegiatan ayah dan kita menawarkan bantuan. Sebetulnya ini cara lama, yaitu kalau kita ingin mendekati seseorang, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencoba tertarik dengan apa yang dilakukan atau kegiatan orang tersebut. Tidak sampai disitu saja, setelah mengetahui kegiatan ayah kita maka sebaiknya kita menawarkan bantuan untuk meringankan kegiatan ayah kita.

Dengan demikian akan bisa membangun hubungan komunikasi yang baik antara seorang ayah dengan anak.

4. Bicarakan hari-hari terbaik yang dilalui bersama sang Ayah
Mengingatkan atau bercerita tentang masa lalu yang terkesan antara ayah dan anak akan membuat memori kasih sayang muncul kembali. Ceritakan tentang kebersamaan bersama anak saat dulu yang penuh kasih sayang sehingga akan muncul kembali rasa saling memiliki dan muncul rasa kasih sayang.

5. Berikan batasan yang jelas
Bagi anda yang ternyata memiliki seorang ayah yang selalu memantau dan mencampuri urusan privasi anak, misalnya dalam urusan pasangan, buka telepon genggam, maka sebaiknya anda dan ayah membuat kesepakatan tentang batasan privasi yang jelas.

Itulah 5 cara meningkatkan hubungan antara ayah dan anak yang sangat erat kaitannya dengan pembentukan kepribadian dan kesuksesan anak.


Artikel Terkait : Tips Mendidik Anak Ala Orang Jepang
Inilah 5 Cara Meningkatkan Hubungan Antara Ayah dan Anak, manfaat meningkatkan hubungan baik antara ayah dan anak, menjalin hubungan yang baik antara ayah dan anak, tips mengharmoniskan hubungan ayah dan anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar