> Jangan Biasakan Gunakan Gawai Untuk Menenangkan Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 27, 2019

Jangan Biasakan Gunakan Gawai Untuk Menenangkan Anak

sumber gambar : Tribunnews.com

Hikmahdanhikmah.com – Hidup di era modern seperti sekarang ini memang sulit untuk terhindar dari gadget. Bahkan saat ini kalangan anak-anak sudah banyak yang mahir dalam menggunakan gadget. Meskipun demikian, bukan berarti orang tua membiarkan begitu saja anak bermain gadget sampai lupa waktu.

Dengan berbagai kesibukan yang banyak dilakukan orang tua, maka banyak para orang tua yang sengaja memberikan gadget pada anak dengan harapan agar anak bisa tenang dan tidak rewel. Memang hal ini bisa menjadi senjata yang ampuh mendiamkan anak yang sedang rewel.
Menyikapi hal yang demikian, para pakar sangat menyarankan kepada kalangan orang tua untuk tidak membiasakan anaknya bermain gadget dengan harapan agar anaknya tenang di rumah. Banyak kalangan orang tua yang memanfaatkan gadget sebagai ‘baby sitter’.

Baca Juga : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak
Dengan tampilan gambar, suara dan permainan yang terdapat pada gadget seperti sekarang ini memang menjadi daya tarik seorang anak. Bahkan hal ini menjadi senjata yang sangat ampuh untuk mendiamkan  anak yang sedang rewel. Seorang anak yang memegang gawai, bisa membuatnya tenang dan asyik selama beberapa jam.

Tahukah anda bahwa sering memberikan anak gawai dengan harapan agar anak bisa tenang akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan spikologis anak. Menurut psikolog anak hal ini akan membuat ikatan antara orang tua dan  anak menjadi menurun.
Ketika anak di rumah, maka yang ditunggu adalah ayah dan ibunya pulang kerja. Namun yang dinanti oleh anak adalah gadgetnya bukan kehadiran kita di tengah-tengah anak.
Kondisi ini akan berdampak lebih buruk jika ternyata orang tua sudah membiasakan anak bermain gadget sebelum usia 2 tahun. Bahkan menurut para pakar hal ini bisa menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak.

Jika orang tua suka membiasakan memberikan gadget pada anak, maka yang terjadi anak akan merasa ketagihan dan sulit untuk dikendalikan. Jika hal ini terjadi, maka akan membuat kehidupan sosial anak akan terganggu karena terlalu sering bermain gadget dan jarang melakukan sosialisasi di kehidupan nyata.

Yang disarankan adalah tetap batasi anak dalam menggunakan gawai. Terapkan jam disiplin anak bermain gadget secara bijak dan jangan berlebihan. Selain itu penting juga untuk mendampingi anak dalam menggunakan gadget.


Artikel Terkait : Cara Menjauhkan Anak Dari Gadget
bahaya anak yang ketagihan gadget, bahaya gadget bagi anak, bahaya menenangkan anak dengan gadget, cara agar anak tidak ketagihan menggunakan gadget, cara membatasi penggunaan gadget pada anak, Jangan Biasakan Gunakan Gawai Untuk Menenangkan Anak, tips membuat anak tenang tanpa gadget

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar