> Manfaat Membiarkan Anak Belajar dan Bermain Sendiri - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 30, 2019

Manfaat Membiarkan Anak Belajar dan Bermain Sendiri

sumber gambar : http://id.theasianparent.com/

Himahdanhikmah.com – Bermain bagi seorang anak menjadi hal yang sangat penting untuk perkembangan fisik dan otak. Meskipun demikian masih banyak juga orang tua yang tak memahami hal ini.
Tahukah kita bahwa saat mendapati anak sedang bermain menggambar, menyusun balok, bermain rumah-rumahan adalah sebuah proses pengembangan ketrampilan anak yang mempunyai manfaat yang sangat besar untuk masa depannya.

Kegiatan bermain pada anak memang akan terlihat lebih seru jika bersama dengan teman-temannya. Namun hal ini tidak akan berlangsung lama. Setelah itu anak akan pulang kerumah dan bermain sendiri atau bahkan mengajak orang tuanya bermain.

Menyikapi hal yang demikian, maka orang tua harus bisa mengerti dengan cara memberikan waktu yang cukup bagi anak untuk bermain sendiri maupun mengajak orang tua bermain.

Baca Juga : Tips Mengatasi Anak Yang Sulit Berteman
Menurut pakar kesehatan anak mengatakan bahwa kegiatan bermain bagi anak merupakan hal yang sangat vital dalam proses tumbuh kembangnya. Dengan sering bermain yang positif, maka akan sangat berfungsi dalam mendukung perkembangan fisik, otak dan emosional seorang anak.

Salah satu hal yang tak kalah pentingnya adalah saat anak bermain sendiri di rumah. Ini menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan anak kita.

Menurut para pakar kesehatan anak mengatakan bahwa manfaat dari anak yang bermain sendiri adalah belajar bagaimana mengelola secara mandiri, memunculkan kreasi dan inisiatif sendiri, dan belajar mengatasi masalah sendiri.

Untuk itu sebagai orang tua juga disarankan untuk memberikan waktu yang cukup bagi anak untuk bisa bermain sendiri di rumah tanpa teman-temannya. Anda bisa memberikan kesempatan ini satu sampai dua kali dalam sepekan. Sebaiknya para orang tua juga melatih anak untuk bisa bermain sendiri sejak anak mencapai usia 14 sampai 15 bulan.

Jadi sebaiknya para orang tua bisa memberikan waktu yang seimbang pada anak untuk bisa bermain dengan teman-temannya dan juga bermain sendiri di rumah. Bermain bersama teman juga memiliki manfaat yang sangat besar diantaranya melatih bersosialisasi, mengembangkan toleransi dan empati anak.

Artikel Terkait : Manfaat Bermain Bagi Anak Mampu Meningkatkan Tumbuh Kembang 
apa manfaat bermain bagi anak, dampak positif anak yang sering bermain, manfaat anak yang bermain sendiri, manfaat bermain bagi seorang anak, manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak, Manfaat Membiarkan Anak Belajar dan Bermain Sendiri, pentingnya memberikan kesempatan anak untuk bermain sendiri

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar