Orang Tua Yang Suka Mengkritik Negatif Kepada Anak, Menyebabkan Anak Takut Untuk Mencoba Hal Baru

dampak buruk kritik negatif bagi anak

Hikmahdanhikmah.com – Semua orang pastinya tahu kalau perkembangan fisik dan mental anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Salah satunya adalah jika orang tua sering mengkritik negatif, maka akan menyebabkan anak tumbuh menjadi jiwa yang takut dengan hal baru.

Mencegah hal ini, maka sangat disarankan kepada orang tua untuk tidak sering mengucapkan perkataan negatif dan kritik yang bersifat negatif kepada anak. Sebaliknya orang tua harus berusaha memberikan motivasi dan kritik yang positif.

Hal ini juga dibenarkan oleh salah seorang psikolog dunia yang bernama Carl Pickhard yang mengatakan bahwa penyebab seorang anak yang kurang percaya diri, disebabkan karena pola asuh orang tua yang sering memberikan kritikan negatif yang menghancurkan emosional seorang anak.

Seorang anak yang keseringan mendapatkan perlakuan seperti ini dari orang tua, maka membuat anak akan takut mencoba sesuatu yang baru. Mereka takut akan sebuah kegagalan yang menyebabkan orang tuanya kecewa.

Tahukah anda bahwa sebuah motivasi atau kritik yang positif dan membangun yang diberikan kepada anak sangat besar pengaruhnya terhadap psikologis anak. Anak akan termotivasi untuk berkarya dan selalu bersemangat dengan hal yang baru.

Yang menjadi penyebab utama seorang anak merasa tidak percaya diri mencoba sesuatu yang baru adalah disebabkan karena takut gagal yang menyebabkan orang tua mereka menjadi marah.


Artikel Terkait : 3 Jenis Ucapan Yang dilarang diucapkan Kepada Anak
dampak buruk sering mengkritik negatif terhadap anak, Menyebabkan Anak Takut Untuk Mencoba Hal Baru, Orang Tua Yang Suka Mengkritik Negatif Kepada Anak, penyebab anak takut mencoba hal baru, penyebab anak tumbuh menjadi kurang percaya diri, pola asuh yang menyebabkan anak tumbuh menjadi pribadi yang kurang percaya diri
Previous
« Prev Post

Related Posts

Orang Tua Yang Suka Mengkritik Negatif Kepada Anak, Menyebabkan Anak Takut Untuk Mencoba Hal Baru
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami