> Pentingnya Makan Sambil Duduk - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 18, 2019

Pentingnya Makan Sambil Duduk


Pentingnya Makan Sambil Duduk

sumber gambar : detik.com

Hikmahdanhikmah.com – Pentingnya makan sambil duduk. Sebenarnya hampir semua orang tahu kalau makan sambil duduk adalah posisi yang sangat dianjurkan menurut kesehatan. Bahkan sejak kecil kita sudah sering diperingatkan oleh tua untuk selalu makan sambil duduk.

Meskipun demikian kenyataannya masih banyak sekali orang makan sambil berdiri atau bahkan berjalan. Padahal menurut kesehatan makan dengan posisi duduk memberikan manfaat yang besar bagi pencernaan.

Lantas apa yang akan terjadi jika kita tidak duduk pada saat makan ?. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang mungkin muncul saat kita makan tidak dalam posisi duduk :

Membuat kentut berlebihan
Dampak buruk pertama makan tidak dalam kondisi duduk bisa memicu sering kentut. Hal ini disebabkan karena makan sambil berdiri atau jalan akan memicu produksi banyak gas dalam perut sehingga membuat mudah kentut.

Bukan hanya itu saja, makan sambil berdiri atau jalan bisa menyebabkan rangsangan nyeri dada sampai pada gejala stroke ringan. Kondisi ini akan lebih parah jika kita minum kopi atau minuman bersoda sambil berdiri atau berjalan.

Mual-mual
Dampak kedua makan suka berdiri atau sambil jalan bisa memicu rasa mual. Hal ini disebabkan karena tubuh kita tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mencerna makanan dengan baik sehingga efeknya muncul perasaan mual atau bahkan sampai muntah. Tak heran jika kita melihat anak-anak yang setelah makan kemudian lari-lari sering kali berujung pada muntah-muntah.

Asam lambung naik.
Pada saat kita makan, maka kerongkongan akan berusaha mengalirkan makanan menuju penampungan atau lambung. Pada proses ini ternyata penting sekali ketenangan atau kenyamanan tubuh. Jika kita berada dalam posisi berdiri atau bergerak, maka akan memicu naiknya asam lambung yang justru membuat perut kita merasa perih, nyeri, kembung dan nyeri dada.

Semakin sering buang air kecil
Dampak buruk selanjutnya makan sambil berdiri atau berjalan adalah bisa menyebabkan sering kencing. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya asam lambung akibat dari aktivitas tubuh saat kita sedang makan dan minum.

Makan dengan berlebihan
Pentingnya makan sambil duduk ternyata bisa membuat nafsu makan kita lebih terkendali. Saat kita makan sambil berdiri atau berjalan, maka akan memicu makan secara berlebihan sehingga bisa memicu kenaikan berat badan yang memicu banyak penyakit.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar