> Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 11, 2019

Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang


Hikmahdanhikmah.com - Kita tahu bahwa orang Jepang sangat menjunjung tinggi suatu kedisiplinan. Apa rahasia orang Jepang mendidik anaknya menjadi anak yang disiplin ?. Ternyata pendidikan akan disiplin sudah terdidik sejak usia dini bagi para anak-anak di Jepang. Peranan orang tua terutama sang ibu menjadi faktor yang sangat penting.

Di Jepang hubungan antara seorang anak dengan ibunya sangatlah kuat. Anak akan ibu bawa kemana-mana dalam aktivitas sehari-harinya. Hal inilah yang menjadi kunci utama mengapa orang Jepang terkenal akan disiplinnya. Disiplin mempunyai hubungan yang erat dengan kedekatan anak kepada ibunya.

Lantas bagaimana dengan wanita carier sekarang ini yang sibuk dengan bekerja ? Untuk para ibu yang bekerja maka sangat disarankan untuk menjalin kedekatan dengan anaknya dengan cara meluangkan waktu setiap hari sekitar 0-15 menit untuk sekedar menciptakan suasana kebersamaan yang harmonis dengan sang anak.

Di Jepang, anak usia dini akan diberikan pelajaran disiplin oleh ibunya. Tetapi sebelumnya sang orang tua atau ibu harus pula mempunyai kedisiplinan yang tinggi agar bisa mengajarkan kepada anaknya. Jika sang anak merasa cukup besar, maka biasakan anak untuk mampu mengurus dirinya sendiri. Kalau di Jepang, anak yang berusia 7 tahun sudah bisa melakukan mandi dan memakai baju sendiri tanpa bantuan lagi dari orang tuanya.

Begitu pula dengan berangkat sekolahnya.
Dalam mendidik anak untuk disiplin memang bukan suatu hal yang mudah. Orang tua harus sabar dan tak berhenti untuk selalu mengawasi anaknya. Jika anak anda bisa melakukan tindakan yang mandiri, maka jangan sungkan-sungkan untuk melontarkan pujian kepada anak karena itu sangat bagus untuk perkembangan mentalnya.

Disamping itu kita sebagai orang tua harus sadar. Untuk bisa sukses mendidik kedisiplinan seorang anak dibutuhkan tauladan yang baik yaitu dari kedua orang tuanya. Mari mulai disiplin dari orang tua dulu baru kita tularkan kepada anak kita. Jangan sampai orang tua tidak berperilaku disiplin, tapi ingin anaknya berperilaku disiplin. Ini adalah cara mendidik yang salah.


Artikel Terkait : Tips Menghentikan Kebiasaan Bayi Mengisap Jempol
belajar mendidik anak dari orang Jepang, cara orang tua Jepang mendidik anak, Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar