> 3 Jenis Ucapan Orang Tua Yang dilarang diucapkan Kepada Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 17, 2019

3 Jenis Ucapan Orang Tua Yang dilarang diucapkan Kepada Anak


Hikmahdanhikmah.com – Sebagai orang tua tentunya menginginkan anaknya bisa tumbuh sempurna dan menjadi kebanggaan orang tua. Namun kalau kita melihat, banyak sekali orang tua yang kurang baik dalam mendidik anaknya. Sering kali para orang tua mengucapkan hal yang tidak baik kepada anak saat anak melakukan kesalahan atau tidak sesuai keinginan orang tua. Ternyata ada 3 jenis ucapan yang dilarang diucapkan orang tua kepada anak.

Memang ini bukan perkara yang mudah bagi seorang orang tua yang dalam 24 jam bersama dengan anak. Pastinya ada hal-hal atau tingkah laku anak yang membuat kita kesal, lelah dan meningkatkan emosi orang tua.

Meskipun dalam kondisi apapun, ternyata para pakar sangat menyarankan kepada orang tua untuk tidak mengucapkan hal-hal buruk yang bisa berdampak buruk pada anak. Tak jarang anak akan merasa minder, merasa tidak berharga dan tidak ada yang sayang kepadanya yang disebabkan karena ucapan orang tua.

Berikut ada 3 jenis ucapan yang tidak disarankan diucapkan oleh orang tua kepada anak :

Nilai kamu harusnya lebih tinggi seperti…
Ucapan pertama yang tidak disarankan diucapkan kepada anak oleh orang tua adalah selalu membandingkan anak dengan orang lain, teman atau saudara kandungnya sendiri yang lebih memiliki kelebihan. Apabila anak sering mendapatkan ucapan ini maka akan berdampak menjadi anak yang rendah diri dan terdapat trauma yang sulit dihilangkan.

Anak yang sering dibandingkan dengan orang lain yang lebih baik oleh orang tuanya akan membuat anak kita tumbuh menjadi anak yang kurang optimis, tidak percaya dengan kemampuannya dan menjadi anak yang penakut.

Si pesek, si gendut, si hitam, dan lain-lain
Bagi orang Indonesia sudah menjadi kebiasaan untuk memanggil anaknya dengan sebutan yang negatif sesuai dengan fisik anak. Misalnya saja si gendut, si cengeng, si hitam dll. Ternyata ucapan seperti ini menurut para pakar tidak disarankan atau dilarang diucapkan kepada anak.
Seorang anak yang sering mendapatkan panggilan jelek dari orang lain atau bahkan orang tuanya sendiri maka akan membuat anak merasa kurang percaya diri. Anak kita akan merasa dia tidak cantik, tidak cerdas, dan kurang menarik sehingga membuat anak menjadi punya mental harga diri rendah.

Baca Juga : Waspada Jika Anak Mempunyai Sifat Sangat Pemalu

Kamu cengeng
Jenis ucapan terakhir yang tidak dibolehkan diucapkan kepada anak adalah mengucapkan kata ‘kamu cengeng’. Sebagao orang tua harusnya paham kalau setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Ada kalanya mempunyai 3 anak yang satu mempunyai sifat sangat penurut, kemudian anak kedua pemarah dan anak yang terakhir mempunyai perasaan yang sensitif. Seharusnya orang tua menyadari perbedaan karakter ini dan tidak mengucapkan kata-kata kepada anak yang bisa membuat seorang anak menjadi pribadi yang lemah.

Sumber : Kompas.com


Artikel Terkait : Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang

3 Jenis Ucapan Orang Tua Yang dilarang diucapkan Kepada Anak, bahaya anak yang sering mendapatkan ucapan buruk dari orang tuanya, jenis ucapan yang dilarang diucapkan kepada anak, larangan mengucapkan hal buruk kepada anak, mengucap buruk kepada anak, penyebab anak yang berubah menjadi minder

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar