Anak Yang Sering Melihat Iklan ‘Junk Food’ Memicu Pola Makan Yang Tak Sehat

sumber gambar : http://sidomi.com/

Hikmahdanhikmah.com – Sering kali kita melihat iklan junk food muncul saat kita bermain game. Semakin sering kita melihatnya, maka akan membuat dorongan untuk mengkonsumsinya. Hal ini juga berdampak sama jika anak kita sering melihatnya saat bermain game. Hal ini akan memicu anak untuk mengkonsumsi junk food.

Banyaknya iklan tentang junk food yang sekarang ini sering beredar di gadget saat bermain game, membuat para pakar kesehatan anak di Eropa melakukan sebuah penelitian. Mereka khawatir jika anak yang bermain gadget kemudian melihat iklan tersebut dan pastinya ingin mengkonsunsinya.
Melihat fenomena yang terjadi sekarang ini para peneliti menghimbau kepada para orang tua untuk menjaga atau melakukan pengawasan saat anak bermain gadget. Terlebih sekarang ini banyak sekali anak yang bermain game online.

Melihat fenomena sekarang ini para peneliti sangat berharap kepada pembuat kebijakan untuk melihat dampak buruk yang bisa ditimbulkan dengan adanya iklan junk food yang muncul pada game. Iklan jenis ini sering kali disebut dengan ‘advergames’.

Kalau kita melihat iklan yang mucul pada game online dan sosial media, maka ada banyak jenis makanan yang kurang sehat yang kaya kandungan gula, garam dan lemak. Hal ini akan memicu pembaca tertarik untuk mengkonsumsinya, terlebih bagi seorang anak.
Baca Juga : Sarankan Anak Untuk Bermain di Luar Agar Terhindar Dari Obesitas

Menghindarkan gadget pada anak sekarang ini dirasa banyak orang tua sebagai hal yang sulit. Ini menjadi sebuah era tersendiri dimana hampir semua orang menggunakan gadget untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu penting adanya sebuah regulasi terhadap iklan jenis ini.

Yang lebih memperhatikan menurut data WHO yang menyebutkan bahwa banyak orang tua yang tak sadar pengaruh iklan junk food di gadget pada anak. Mereka kebanyakan meremehkan akan pengaruh yang ditimbulkan kepada anak.

Kalau anak tidak mendapatkan pengawasan dari orang tua, maka yang terjadi adalah pola makan anak menjadi tidak sehat. Akibatnya anak akan mengalami obesitas dan kondisi ini biasanya akan berlangsung sampai usia dewasa muda. Jika berlangsung lama, maka bisa memicu beberapa penyakit seperti diabetes dan serangan jantung.


Artikel Terkait : Bagaimana Cara Menjauhkan Anak Dari Gadged
Anak Yang Sering Melihat Iklan ‘Junk Food’ Memicu Pola Makan Yang Tak Sehat, apa yang memicu anak suka makan junk food, dampak buruk anak yang suka makan junk food, dampak buruk iklan junk food pada gadget bagi anak, efek buruk anak yang suka makan junk food, kebiasaan yang memicu anak suka makan junk food, pemicu anak suka makan junk food
Previous
« Prev Post

Related Posts

Anak Yang Sering Melihat Iklan ‘Junk Food’ Memicu Pola Makan Yang Tak Sehat
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami