> manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 17, 2019

manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak




Hikmahdanhikmah.com – Saya rasa tidak ada satupun anak yang tidak suka bermain. Mereka kebanyakan sangat suka untuk bermain yang memang menjadi dunianya. Terlebih bagi seorang anak balita, bermain mempunyai manfaat yang sangat besar untuk lebih banyak belajar.

Menurut salah seorang psikolog mengatakan bahwa seorang anak yang banyak bermain bisa mengembangkan kemampuan motorik baik kasar maupun yang halus. Yang dimaksud bermain disini adalah bukan menggunakan gadget ya, melainkan bermain yang banyak melibatkan aktif motorik.
Seorang anak yang pada masa usia satu tahun, kegiatan bermainnya bisa berupa berguling-guling di tempat tidur, kegiatan berlari dan melompat-lompat. Kegiatan yang seperti ini bisa mengasah kemampuan motorik kasarnya.

Kalau usia anak sudah lebih besar, maka kegiatan bermain seperti layang-layang bisa sangat bermanfaat bagi perkembangan motorik halusnya. Pada saat anak bermain layang-layang maka anak akan belajar bagaimana cara mengkordinasikan antara tangan dan mata.

Kegiatan bermain layang-layang bukan hanya bermanfaat bagi perkembangan motorik halus saja. Kegiatan layang-layang juga menuntut anak untuk banyak berlari sehingga mampu melatih motorik kasar anak. Ada kegiatan bermain lain yang bisa bermanfaat melatih motorik kasar anak adalah bermain menggambar, melukis dan mewarnai.

Kegiatan bermain bagi anak bukan hanya melatih motorik kasar dan halus saja. Tetapi juga bermanfaat untuk melatih espek sosial-emosional anak. Hal ini disebabkan saat bermain anak melibatkan banyak teman.

Namun sekarang ini kegiatan bermain pada anak sudah bergeser dengan menggunakan gadget. Berdasarkan sebuah data hasil studi menyebutkan kalau kebanyakan anak sekarang ini banyak menghabiskan waktu bermain gadget dibandingkan dengan bermain dengan teman sebayanya.

Baca Juga : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak

Seorang anak yang aktif bermain juga memiliki banyak manfaat yaitu menghindarkan resiko obesitas. Berbeda saat anak banyak menghabiskan waktu bermain gadget yang mengharuskan duduk manis hanya aktif pada pergerakan jari tangan saja.

pencarian terkait
anak-anak yang suka bermain, apa saja manfaat bermain bagi anak-anak, bermain bagi anak-anak, cara meningkatkan tumbuh kembang anak, dampak positif anak yang suka bermain, Manfaat Bermain Bagi Anak Mampu Meningkatkan Tumbuh Kembang, pentingnya bermain bagi anak-anak, tips meningkatkan tumbuh kembang pada anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar