> Manfaat Mendongeng Pada Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 04, 2019

Manfaat Mendongeng Pada Anak

sumber gambar : cloudinary.com

Hikmahdanhikmah.com - Orangtua jaman sekarang banyak yang beranggapan jika mengasuh anak cukup dengan memberikan materi dan contoh untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sang anak.

Bahkan ada orangtua yang dengan sengaja memberikan gadget untuk anak dengan alasan, supaya si anak tidak ketinggalan jaman. Gadget memang bisa memberikan informasi serta pengetahuan yang banyak untuk sang anak.

Namun, menurut kak Seto Mulyadi yang lebih akrab di panggil kak Seto seorang pemerhati anak dan juga psikolog ini mengungkapkan jika sesuatu yang dilakukan secara berlebihan dan tidak seimbang akan memberikan dampak yang tidak baik.

Kak Seto juga menginginkan para orangtua menggunakan metode mendongeng dalam mengasuh anak. Mungkin banyak orangtua yang masih beranggapan jika mendongeng merupakan cara yang kuno.

Namun tahukah anda jika metode mendongeng merupakan cara yang efektif dalam mengasuh anak serta banyak manfaat positifnya untuk sang anak.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sejak Dini

Kebiasaan mendongeng pada anak dapat memberikan manfaat yang banyak pada anak, seperti dapat membuat kreativitas anak berkembang serta merangsang kecerdasan sang anak.

Selain itu, menurut kak Seto dengan mendongeng juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak. Ini karena dengan mendongeng akan banyak membuat anak anak semakin aktif untuk melakukan tanya jawab.

Dengan mendongeng selain dapat memicu kecerdasan sang anak untuk berfikir dan berimajinasi tentang cerita dongengnya namun juga dapat bermanfaat untuk pelajaran formalnya.

Saat para orangtua sudah membiasakan mendongeng untuk anaknya maka akan banyak manfaat yang di dapatkan untuk sang anak. Diantaranya anak jadi lebih kreatif,mempunyai komunikasi yang baik, melatih dialog, serta dapat memicu kecerdasan pada anak.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Pentingnya Orang Tua Menemani Anak Saat Bermain
apa untungnya sering mendongeng pada anak, dampak jika anak sering dibacakan dongeng, dampak positif anak yang sering dibacakan dongeng, Manfaat Mendongeng Pada Anak, manfaat sebuah dongeng bagi perkembangan anak, manfaat suka membacakan dongeng pada anak, membacakan dongeng pada anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar