Penggunan Lensa Kontak Meningkatkan Resiko Infeksi


Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa sering menggunakan lensa kontak bisa meningkatkan resiko infeksi pada mata. Sebenarnya menggunakan lensa kontak menjadi hal yang aman jika dilakukan dan dirawat dengan benar. Banyak orang yang kurang memperhatikan pemakaian kontak lensa sehingga membuat bahaya infeksi.

Hal ini sesuai dengan hasil data yang dikeluarkan oleh badan kesehatan yang berasal dari AS yang menyebutkan bahwa dari banyaknya kasus infeksi mata, satu dari lima diantaranya lebih banyak disebabkan karena penggunaan lensa kontak yang salah. Infeksi ini bisa berdampak lebih serius yang bisa merusak mata.

Banyak dari mereka yang mengalami kornea yang terluka dan membutuhkan pergantian kornea atau tranplantasi kornea dan penurunan daya penglihatan yang disebabkan karena penggunaan kontak lensa. Studi tersebut dilakukan dari tahun 2005 sampai 2015.

Bukan berarti menggunakan kontak lensa tidak disarankan. Kontak lensa merupakan alat bantu penglihatan yang sangat aman dan baik membantu penglihatan kita lebih baik. Namun jika anda tidak tahu bagaimana cara memakai dan merawat secara baik, maka itu bisa menjadi bumerang bagi kesehatan mata kita.

Saat ini kita tahu bahwa pengguna kontak lensa sangat banyak sehingga banyak pula laporan kasus yang disebabkan karena penggunaan kontak lensa. Untuk menghindari efek samping penggunaan kontak lensa, maka para pakar menyarankan agar melepas kontak lensa jika mau tidur. Selain itu kita juga harus sering mengganti kontak lensa dan menggunakan cairan segar untuk kontak lensa.
Dengan mengetahui bagaimana cara menggunakan kontak lensa yang aman, maka kita bisa terhindar dari resiko infeksi mata yang bisa berdampak lebih serius yang bisa membuat penglihatan kita menurun atau bahkan mengalami kebutaan.


Artikel Terkait : Pentingnya Membersihkan Lensa Kontak Mata
adakah efek samping menggunakan lensa kontak, bahaya dibalik penggunaan kontak lensa, dibalik manfaat lensa kontak menyimpan resiko bagi kesehatan mata, efek samping menggunakan lensa kontak, Penggunan Lensa Kontak Meningkatkan Resiko Infeksi
Previous
« Prev Post

Related Posts

Penggunan Lensa Kontak Meningkatkan Resiko Infeksi
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami