> Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sejak Usia Dini - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 12, 2019

Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sejak Usia Dini

sumber gambar : Vemale.com

Hikmahdanhikmah.com - Pentingkah pendidikan seks untuk anak usia dini?? Mungkin pertanyaan seperti itu sering di ungkapkan para orang tua di jaman sekarang. Perlu di ketahui kalau pendidikan seks itu bukan hanya seputar hubungan seks antara laki laki dan perempuan saja, melainkan dengan orang tua mau mengenalkan nama alat kelamin yang benar pun itu sudah termasuk pendidikan seks.

Dengan memberikan pendidikan seks sejak dini kepada anak itu akan menjadi bekal perlindungan anak di masa depan. Sebab dengan memberikan pendidikan seks pada anak dapat membuat anak mengerti dan peduli dengan tubuhnya.Dengan pendidikan seks yang benar kita juga dapat mengajarkan anak untuk menjaga dan merawat organ intimnya..

Di jaman sekarang banyak terjadi kekerasan seksual pada anak, karena itu dengan memberikan pendidikan seks sejak dini dapat membentengi anak dari tindak kejahatan seksual. Karena dengan pendidikan seks seorang anak akan mengetahui bagaimana perilaku yang tidak boleh di lakukan orang lain terhadap tubuhnya, terutama di organ sensitif seperti alat kelamin.

Pendidikan seks tidak hanya di ajarkan pada anak saat di sekolah,tetapi orang tua juga berperan penting dalam memberikan pendidikan seks pada anak.agar anak terhindar dari pergaulan bebas.

Dengan semakin maraknya kejahatan seksual pada anak saat ini harusnya membuat orang tua semakin sadar bahwa memberikan pendidikan seks sejak dini pada anak bisa melindungi anak dari kejahatan seksual.

Perlu dipahami bahwa pendidikan seks bukan sesuatu yang tabu, bahkan bagi para orang tua dianjurkan untuk mengajarkan kepada anak. Bahkan para ahli mengatakan hal itu sangat penting sejak sedini mungkin.

Kalau kita mengamati anak jaman sekarang, maka menginjak usia 9-10 tahun sudah masuk pada masa pubertas. Oleh karena itu pendidikan seks sudah diberikan kepada anak. Jangan sampai anak mencari tahu sendiri tentang informasi seks dan terjerumus dalam pergaulan bebas.

Tingginya kejahatan seksual pada anak sekarang ini seharusnya memberikan gambaran betapa pentingnya pendidikan seks bagi anak sedini mungkin. Ini menjadi sebuah tameng agar anak terlindung dari kejahatan seksual.

Artikel Terkait : Cara Mendidik Anak Tentang Bahaya Purnografi

Mencegah HIV Melalui Pendidikan Seks Yang Benar

Mungkin banyak orang tua yang masih enggan memberikan pendidikan seks kepada anak. Tapi tahukah anda jika memberikan pendidikan seks yang benar pada anak sejak usia dini, bisa menjadi sebuah solusi bagaimana mencegah penyebaran HIV/AIDS

Berbicara tentang pendidikan seks, maka tidak terpaku pada hubungan seks antara pria dan wanita saja.Namun dengan mulai mengenalkan anggota tubuh serta bagaimana cara merawat dan menjaganya.Serta tanamkan pada anak sejak dini untuk menjaga organ organ tubuh tertentu,seperti alat vital dari sentuhan orang lain, sampai mengenal penyakit seksual menular seperti HIV/AIDS.

Namun sayangnya masih banyak orang tua yang belum menyadari betapa pentingnya memberikan pendidikan seks pada anak sejak usia dini. Hal ini karena masih banyak orang tua yang menganggap bahwa memberikan pendidikan seks pada anak di usia dini itu masih tabu. Bahkan ada juga yang beranggapan kalau memberikan pendidikan seks sama saja dengan mengajarkan anak mengenai seks bebas.

Padahal dengan memberikan pendidikan seks yang benar pada anak sejak usia dini bisa membuat anak mengerti tentang risiko bahayanya perilaku seks bebas, seperti munculnya penyakit HIV/AIDS. Tujuannya tentu saja agar anak terhindar dari perilaku tersebut.

Dengan memberikan pendidikan seks yang benar pada anak sejak usia dini juga akan membuat kepercayaan diri yang baik pada anak,kepribadian yang sehat dan baik,dan penerimaan diri yang positif.Sebagai orang tua peran mereka sangatlah penting. Karena merekalah yang paling tau perkembangan dan perubahan pada diri anak,serta dapat memberikan pendidikan seks secara alamiah sesuai dengan tahapan perubahan pada diri anak tersebut.

Baca juga ; 3 kiat mengatasi adik kakak yang suka Tidak Akur.

cara mencegah kejahatan seksual pada anak, cara orang tua mengajarkan pendidikan seks pada anak, kapan pemberian pendidikan seks pada anak, manfaat pendidikan seks bagi anak, pendidikan seks bagi anak, Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sejak Usia Dini, sejak usia kapan anak boleh diberikan pendidikan seks

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar