Sentuhan Seorang Ibu Sangat Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

manfaat sentuhan orang tua bagi tumbuh kembang anak

Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa sentuhan seorang ibu sangat penting bagi tumbuh kembang seorang anak. Sentuhan kepada anak bisa dilakukan setiap hari mulai anak kita bangun tidur sampai tidur kembali pada malam hari.
Tidak dipungkiri bahwa masih banyak kalangan ibu yang tidak memahami bagaimana memberikan sentuhan yang baik kepada anak yang bisa dimulai saat anak bangun tidur.

Menurut para pakar mengatakan bahwa cara memberikan sentuhan kepada anak saat mulai bangun tidur bisa dilakukan dengan membangunkan anak, menghampiri anak sambil membelainya. Perilaku ini bisa disertai dengan sambil mengusap kepala anak atau dengan mencium kening anak.
Setelah anak terbangun dari tidur, mandi dan bersiap akan berangkat sekolah, maka orang tua bisa memberikan sentuhan lagi yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak pada saat anak makan. Anda bisa memberikan sebuah usapan kasih sayang kepada anak.

Beberapa usapan yang kita berikan kepada seorang anak, ternyata mampu memberikan sebuah stimulus sensoris yang sangat positif bagi anak. Stimulus ini akan membuat anak menjadi lebih aktif.
Para orang tua terutama seorang ibu bisa memberikan lebih banyak sentuhan atau usapan kasih sayang lagi pada beberapa kegiatan anak yang lain. Semakin sering orang tua memberikan sebuah sentuhan atau usapan, maka semakin banyak stimulus positif bagi anak.

Bolehkah kita memberikan sentuhan selain usapan kepada anak ? Boleh, anda bisa memberikan sebuah pelukan kasih sayang kepada anak atau banyak melakukan kontak fisik kepada anak.

Baca Juga : Mengupas 7 Manfaat Kesehatan Dari Berpelukan

Dengan semakin sering kita memberikan sentuhan, usapan , pelukan dan kontak fisik kepada anak, maka memberikan sinyal bagi anak kalau orang tua sangat perhatian dan sayang pada anak. Dengan begitu anak akan tumbuh menjadi sosok yang aktif, optimis dan merasa mendapat dukungan.


Artikel Terkait : Pentingnya Orang Tua Menemani Anak Saat Bermain

cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dampak positif sentuhan orang tua bagi anak, pentingnya sentuhan orang tua bagi anak, pentingnya sentuhan orang tua bagi tumbuh kembang anak, Sentuhan Seorang Ibu Sangat Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak, tips meningkatkan tumbuh kembang anak
Previous
« Prev Post

Related Posts

Sentuhan Seorang Ibu Sangat Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami