> Tanpa disadari Banyak Orang Tua Melakukan Kekerasan Pada Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 09, 2019

Tanpa disadari Banyak Orang Tua Melakukan Kekerasan Pada Anak

sumber gambar : mramagazines.com

Hikmahdanhikmah.com – Mempunyai anak memang membuat para orang tua senang. Apalagi jika anaknya tergolong penurut, lucu dan pandai. Meskipun kita sangat sayang, terkadang tanpa disadari kita mengucapkan atau berperilaku kekerasan terhadap anak. Kebanyakan dari kita menganggap kalau hal itu bagian dari rasa sayang kepada anak.

Menurut para pakar mengatakan hal yang sama. Banyak orang tua yang tanpa sadar melakukan kekerasan kepada anak yang bisa membuat anak sakit hati. Hal sesuai yang diungkapkan oleh Reni Murni dalam sebuah seminar yang bertemakan Orang Tua Cerdas, Anak Berkualitas.

Beliau mempertanyakan sikap yang berbau kekerasan yang diberikan para orang tua kepada anak dengan alasan menjadi bagian dari rasa sayang. Dia menyatakan bahwa sejatinya kasih sayang kepada anak tidak diiringi dengan sikap atau perilaku kekerasan. Seharusnya jika orang tua benar-benar sayang, maka yang muncul adalah sikap lembut dan penuh kasih sayang.

Kalau kita perhatikan ada beberapa jenis kekerasan yang tanpa sadar dilakukan para orang tua kepada anak. Beberapa contohnya adalah berupa ucapan, dalam bentuk emosional, kekerasan fisik dan bentuk kekerasan seksual.

Menurut para pakar, apabila mendapati anak yang tak sesuai dengan keinginan orang tua atau terbilang nakal, maka sebaiknya orang tua mengucapkan kata-kata yang bagus bernada harapan. Hal ini ibaratnya sebuah doa baik kepada anak.

Baca Juga : Penyebab Anak Suka Tak Pedulikan Larangan Orang Tua
Apabila orang tua tidak memahami hal ini, maka yang muncul adalah perkataan buruk yang membuat seorang anak sakit hati dan tidak percaya diri. Kondisi ini tentu sangat mempengaruhi perkembangan anak baik secara fisik maupun psikologis.

Kekerasan berikutnya yang tanpa sadar dilakukan orang tua adalah senagaja meninggalkan anak dan terkesan mengabaikan anak. Anak yang mendapatkan perlakuan seperti ini akan merasa sedih karena merasa diabaikan oleh orang tua. Ini juga termasuk bentuk kekerasan yang tanpa kita sadari.

Sekarang ini sering kita melihat seorang anak yang hanya sebentar berkesempatan bersama orang tua. Kedua orang tua sibuk bekerja sampai malam hari. Akibatnya anak merasa kurang perhatian. Ini juga termasuk bentuk kekerasan yang dialami oleh anak. Hal ini bisa mempengaruhi perkembangan psikologis anak.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : 3 Jenis Ucapan Orang Tua Yang Tak Boleh diucapkan Pada Anak
bahaya anak yang sering mendapatkan kekerasan dari orang tua, bentuk kekerasan pada anak oleh orang tua, bentuk kekerasan verbal yang sering di alami anak, contoh kekerasan pada anak yang dilakukan orang tua, dampak buruk anak yang mendapatkan kekerasan verbal dari orang tua, Tanpa disadari Banyak Orang Tua Melakukan Kekerasan Pada Anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar