> Tips Mengenali Anak Yang Mengalami Trauma Setelah Mengalami Kekerasan Fisik - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 15, 2019

Tips Mengenali Anak Yang Mengalami Trauma Setelah Mengalami Kekerasan Fisik


cara mengenali anak yang trauma pasca kekerasan

Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa seorang anak yang pernah mengalami kekerasan fisik bisa mengalami trauma. Trauma yang terjadi bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental anak. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya orang tua peka mengenali anak yang mengalami trauma pasca kekerasan fisik.

Menurut para pakar kesehatan anak dampak yang di akibatkan oleh trauma mempunyai derajat yang berbeda setiap anak. Ada kalanya trauma tersebut hanya bersifat ringan dan ada juga yang berat. Untuk dampak fisik juga bervariasi ada yang berat dan ringan.

Kalau trauma yang di alami anak bersifat ringan, itu bukan hal yang perlu di cemaskan. Anak biasanya akan merasa sedikit cemas dan takut, namun hal itu tidak akan bertahan lama. Setelah beberapa hari kemudian anak akan kembali bertingkah seperti semula tanpa seperti tidak mengalami hal trauma.
Meskipun demikian, orang tua juga dituntut untuk mengenali kondisi ini. Dengan mengenali gejala anak yang mengalami trauma pasca kekerasan, maka orang tua bisa memberikan terapi supaya anak lebih cepat untuk melupakan trauma tersebut dan tidak lagi takut dan cemas.

Baca Juga : 3 Jenis Ucapan Orang Tua Yang dilarang diucapkan Kepada Anak

Yang kita takutkan adalah anak mengalami trauma yang berat. Jika anak mengalami trauma yang berat, akan mengalami gangguan baik fisik maupun mental. Secara fisik akan mengalami luka yang cukup parah, membekas dan bisa mengalami penurunan nafsu makan.

Sedangkan untuk dampak secara psikologis, anak bisa mengalami gemetaran saat bertemu dengan orang lain, menjadi anak yang pemalu, depresi dan sulit bersosialisasi dengan orang lain. Dampak psikologis akan jauh lebih besar berpengaruh pada perkembangan anak.
Untuk mengembalikan anak yang pasca trauma kekerasan, maka sangat penting adanya dukungan dari lingkungan sekitar terutama orang tua. Hal itu berlaku untuk dampak trauma baik yang ringan maupun berat. Dengan adanya dukungan yang kuat, maka anak akan lebih cepat untuk pulih dari trauma.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Trauma ?

bahaya anak yang mengalami trauma terhadap kekerasan, ciri anak yang trauma terhadap kekerasan, dampak buruk anak yang mengalami trauma kekerasan, tanda anak trauma terhadap kekerasan, tanda kalau anak mengalami trauma, tips mengatasi anak yang trauma terhadap kekerasan, Tips Mengenali Anak Yang Mengalami Trauma Setelah Mengalami Kekerasan Fisik

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar