Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Pentingnya Melatih Anak Untuk Tidur Secara Teratur ?



Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita untuk meningkatkan prestasi akademik anak, kita bisa melakukan membiasakan anak untuk tidur secara teratur pada malam hari. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari Australia. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan kalau seorang anak bisa tidur malam dengan teratur, maka akan berdampak pada prestasi akademik di sekolah.

Dr Kate Williams yang berasal dari QUT’s Faclty of Education adalah sosok dibalik penelitian ini. Beliau melakukan analisa terhadap kurang lebih 2.8880 anak yang mereka amati mulai dari usia nol setelah lahir sampai dengan usia 7 tahun.
Penelitian ini termasuk sebuah studi berskala besar dengan melibatkan banyak anak serta dengan waktu pengamatan yang panjang. Dan penelitian ini termasuk bagian dari dari Growing Up di Australia.

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa seorang anak yang sering mengalami gangguan tidur mulai dari tidur tidak tepat waktu, tidur pada jam yang terbilang larut dan sering mengalami terbangun saat tidur ternyata hasil dari prestasi akademiknya kurang memuaskan. Selain itu anak yang mengalami gangguan tidur juga cenderung memiliki sifat yang mudah emosi, hiperaktif dan susah untuk diatur.

Menurut Dr Williams hasil penelitian ini sangat penting bagi para orang tua untuk pentingnya melatih anak untuk tidur secara teratur. Hal ini harus dimulai sejak dini sampai anak usia 5 tahun. Jika orang tua gagal dalam melatih anaknya tidur dengan teratur, maka dampaknya akan mempengaruhi prestasi akademik anak.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk melatih anak untuk tidur secara teratur. Anda bisa melakukan ikut berbaring tidur dengan anak saat jam tidur tiba, jika waktu tidur anak sudah tiba maka anda bisa menyuruh anak untuk masuk ke kamar untuk siap-siap tidur dan berusaha menghentikan segala kegiatan anak jika dirasa jam tidur malam sudah tiba. Dengan membiasakan anak anda melakukan beberapa hal tersebut, maka saat anak usia 5 tahun akan mampu melakukan tidur secara teratur pada malam hari.

Sumber : Kompas.com


Artikel Terkait : Tips Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak Pada Malam Hari
Apa Pentingnya Melatih Anak Untuk Tidur Secara Teratur, hubungan gangguan tidur pada anak terhadap prestasi akademik, manfaat tidur tepat waktu bagi anak

Posting Komentar untuk "Apa Pentingnya Melatih Anak Untuk Tidur Secara Teratur ?"

banner 800x90