> Bagi Anak-anak Obat Batuk Codein Tak Aman - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 10, 2019

Bagi Anak-anak Obat Batuk Codein Tak Aman

sumber gambar : www.medkes.com

Hikmahdanhikmah.com – Pemberian obat batuk yang sering digunakan kepada orang dewasa yaitu codein sekarang ini dinilai tak aman bagi anak-anak. Sifat dari obat batuk codein ini memang ada pereda nyerinya. Bukan hanya itu saja obat batuk codein juga terbilang tidak efektif menyembuhkan batuk pada anak-anak dan bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Ungkapan ini sesuai dengan saran dari ikatan dokter anak yang berasal dari Amerika yang bernama American Academy of Pediatrics.

Codein bukan merupakan obat baru dikalangan para dokter. Biasanya obat jenis ini juga sering diresepkan dokter bagi mereka yang pasca operasi amandel dan adenoid. Sifat dari obat ini bisa meredakan nyeri.

Mengapa obat codein akhir-akhir ini dilarang untuk diberikan kepada anak-anak ? Berdasarkan sebuah data yang berasal dari AS menyebutkan kalau banyak kasus gangguan pernapasan yang bersifat berat bahkan kematian yang disebabkan karena efek samping pemberian codein.

Baca Juga : Cara Alami Mengatasi Anak Yang Sedang Batuk
Secara detail FDA (badan pengawas obat dan makanan) dari AS menyebutkan ada sekitar 64 kasus gangguan pernapasan yang disebabkan karena efek samping pemberian codein pada anak. Dari total angka tersebut terdapat 24 angka kematian.

Kondisi ini akan jauh lebih berat bagi seorang anak yang memang mempunyai riwayat gangguan pernapasan pada malam hari. Pemberian campuran obat codein dan asetaminofen biasanya sering kali diberikan kepada anak setelah menjalani sebuah operasi.

Kalau kita membahas tentang cara kerja obat codein ini, maka saat masuk dalam tubuh manusia akan berubah menjadi morfin. Proses perubahan ini dibantu oleh organ tubuh yang bernama liver. Dengan adanya morfin inilah bisa memberikan efek pereda nyeri. Namun kondisi ini bisa menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit. Hal ini bisa dipengaruhi genetik masing-masing.

Kalau ternyata setelah melalui proses dalam tubuh dan diubah menjadi morfin, jika jumlahnya sedikit maka obat ini menjadi kurang efektif. Namun jika ternyata setelah melalui proses, jumlah morfin yang dihasilkan terlalu banyak maka bisa menyebabkan pernapasan menjadi lambat.
Dengan munculnya efek samping ini, maka FDA memberikan rekomendasi kepada perusahaan farmasi untuk memberikan label obat keras dan tidak menyarankan untuk diberikan kepada anak meskipun setelah melakukan operasi pengangkatan amandel.

Mengingat akan efek samping obat codein ini, maka sebagai orang tua juga harus berhati-hati saat memberikan obat batuk kepada anak. Jangan suka untuk membeli obat batuk secara sembarangan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.


Artikel Terkait : Bolehkah Obat Batuk Dewasa diberikan Kepada Anak ?
Bagi Anak-anak Obat Batuk Codein Tak Aman, dampak buruk anak yang minum obat batuk codein, efek samping anak yang minum obat batuk codein, mengapa obat batuk codein tidak aman bagi anak-anak, penyebab obat batuk codein tidak disarankan diberikan kepada anak, tidak disarankan memberikan obat batuk codein kepada anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar