> Bayi Yang Sering Menghisap Jari, Akan Mengalami Keterlambatan Bicara - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 24, 2019

Bayi Yang Sering Menghisap Jari, Akan Mengalami Keterlambatan Bicara



Hikmahdanhikmah.com -Tahukah kita bahwa kebiasaan sering menghisap jari pada bayi bisa menyebabkan kemampuan bicara menjadi lambat. Hal ini telah di teliti oleh peneliti dari University of Colombia, Kanada. Apa penyebabnya ? karena seorang bayi membutuhkan lidah yang terbebas dari sesuatu yang menghambat dia untuk belajar berbicara.
Menurut seorang Professor Janet Werker menyebutkan bahwa seorang bayi yang sering diberikan empeng akan mengalami kesulitan memahami dan menggunakan bahasa.

Eksperimen ini telah dibuktikan dengan mengikutkan bayi-bayi dengan usia enam bulan. Kemudian bayi-bayi ini diperdengarkan dua jenis pengucapan huruf “d” yang berasal dari bahasa hindi dan melihat reaksi para bayi apakah mereka bisa mengenali perbedaannya. Para bayi yang diberikan empeng ternyata tidak menunjukkan tanda-tanda mengerti, tetapi saat empeng dilepas maka ada perbedaan respon yang diperlihatkan sang bayi.

Menurut Janet, seorang bayi yang mempunyai kebiasaan empeng dan menghisap jempol akan menghambat motorik mulutnya untuk belajar bicara. Menurutnya ada kaitan antara kemampuan motorik mulut bayi dengan persepsi ucapan serta pendengaran.

Meskipun menurut penelitian seperti itu, salah seorang dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Luh Wahyuni SpKFR (K) mengatakan sebagai orang tua bukan berarti harus melarang total kebisaan bayinya menghisap jari. Stimulasi dari kegiatan menghisap jari pada bayi juga mempunyai efek positif tetapi dalam waktu yang tidak berlebihan.


Artikel Terkait : Tips Menghentikan Kebiasaan Menghisap Jari Pada Anak
dampak menghisap jari pada anak, dampak menghisap jari pada bayi, kebisaan menghisap jari pada anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar