> Beberapa Tips Yang Bisa dilakukan Untuk Mencegah Anak Tidak Mudah Sakit - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 07, 2019

Beberapa Tips Yang Bisa dilakukan Untuk Mencegah Anak Tidak Mudah Sakit

sumber gambar : www.solusisehatku.com


Hikmahdanhikmah.com – Kita tahu bahwa anak-anak memang kerap mengalami sakit. Adapun jenis penyakit yang sering kali melanda adalah flu, batuk, demam dan diare. Bahkan kalau boleh dibilang jenis penyakit tersebut adalah penyakit langganan yang sering kali melanda anak-anak. Meskipun anak tergolong rentan, bukan berarti sakit tidak bisa dicegah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar anak tidak mudah sakit.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan atau diterapkan kepada anak agar tidak mudah jatuh sakit :

1.Mencuci tangan
Tips pertama yang bisa dilakukan dan diajarkan kepada para anak adalah dengan rajin mencuci tangan. Ajarkan sedini mungkin kepada anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan saat terkena kotoran. Sangat penting untuk orang tua untuk  pandai-pandai mengajarkan anak untuk rajin cuci tangan sehingga menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Selain itu para orang tua juga sangat penting untuk memberikan edukasi kepada anak tentang pentingnya cuci tangan dan kapan harus cuci tangan. Misalnya saja beberapa kondisi yang sangat disarankan untuk melakukan cuci tangan adalah sebelum makan, setelah bermain di luar rumah, setelah dari toilet dan terpapar kotoran.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar ?

2. Selalu sedia pertolongan pertama
Tips yang kedua yang harus dilakukan orang tua agar anak mereka tidak mudah sakit adalah dengan cara mengetahui bagaimana cara memberikan pertolongan pertama saat anak mulai sakit. Ini menjadi sangat penting agar sakit yang diderita tidak tambah parah. Misalnya saja saat bayi sedang diare atau flu, maka untuk mencegah lebih parah orang tua harus memberikan banyak ASI kepada anak agar tidak sampai dehidrasi. Selanjutnya bisa membawanya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

3. Meningkatkan gizi anak
Untuk mencegah anak agar tidak mudah sakit adalah dengan cara alami yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Caranya adalah dengan memberikan makanan yang bergizi dan seimbang. Sangat penting untuk memberikan makanan yang bisa memenuhi aneka vitamin, protein, mineral, omega 3 dan folat agar anak tidak mudah sakit.

Untuk bisa memberikan asupan makanan yang bergizi dan seimbang kepada anak, maka orang tua dituntut untuk mengetahui manfaat atau kandungan dari berbagai makanan yang bergizi. Anda bisa dengan mudah mencarinya secara online.

4.Lingkungan bersih
Tips terlahir untuk mencegah agar anak tidak mudah sakit adalah dengan menjaga lingkungan rumah dan sekitar selalu bersih. Dengan lingkungan yang bersih, maka bisa mengurangi resiko munculnya bakteri dan virus yang menjadi cikal bakal munculnya penyakit.

Bukan hanya menjaga kebersihan lingkungan saja, orang tua juga harus mendidik anak agar selalu menjaga kebersihan badan. Caranya adalah dengan mengajarkan untuk mandi minimal 2 kali sehari dan menggunakan sabun, rajin sikat gigi, rutin mengganti baju dll.


Artikel Terkait : Benarkah Anak Yang Suka Bermain Kotor Lebih Sehat ?
bagaimana cara mencegah agar anak tidak mudah sakit, Beberapa Tips Yang Bisa dilakukan Untuk Mencegah Anak Tidak Mudah Sakit, cara alami untuk mencegah agar anak tidak mudah sakit, cara mencegah agar anak tidak gampang sakit, pencegahan secara alami agar anak tidak mudah sakit

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar