Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Ada Kaitan Antara Anak Pintar Matematika Dengan Tidur Cukup Pada Malam Hari ?


Hikmahdanhikmah.com – Ada sebuah anggapan yang mengatakan bahwa anak yang pintar matematika sangat erat kaitannya dengan tidur yang cukup pada malam hari. Benarkah demikian ?.
Tidur pada malam hari dengan cukup memang memberikan dampak positif bagi kesehatan kita, tak terkecuali pada kesehatan otak manusia. Begitu juga bagi kesehatan fisik dan otak anak. Dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa bagi orang tua sangat penting untuk mendidik anaknya untuk bisa tidur dengan cukup pada malam hari. Bahkan dalam penelitian tersebut menyebutkan dengan menambah waktu tidur sekitar 20 menit maka akan berdampak sangat besar bagi ketajaman otak anak.

Para peneliti juga melakukan pengamatan terhadap beberapa anak yang memiliki waktu tidur malam yang cukup atau bahkan lebih 20 menit, maka secara prestasi akademik mereka memiliki nilai yang lebih baik pada mata pelajaran matematika dam bahasa.

Dari hasil studi ini memberikan gambaran kepada para orang tua untuk pentingnya memberikan atau mendidik anaknya untuk bisa tidur cukup atau bahkan lebih 20 menit pada malam hari karena berdampak positif bagi prestasi akademik anak.
Yang perlu diperhatikan oleh para orang tua dalam mendidik anaknya untuk tidur cukup pada malam hari adalah jangan sampai anak kita merasa terpaksa melakukan tidur tepat waktu. Yang harus kita latih kepada anak kita adalah memberikan pengetahuan kepada anak betapa pentingnya tidur tepat waktu dan cukup pada malam hari. Dengan demikian anak kita akan tidak terpaksa dalam melakukan tidur tepat waktu.

Sebagai orang tua harus bisa memastikan anak kita bisa tidur cukup pada malam hari sekitar 8 jam atau lebih sedikit. Untuk bisa melatih anak kita teratur akan jadwal tidur, peranan orang tua sangatlah penting. Jangan sampai kita menyuruh anak kita untuk tidur pada jam 09.00 malam, tetapi sebagai orang tua kita tidak mendukung dengan kita melakukan tidur larut malam. Orang tua harus memberikan contoh yang baik sebelum menerapkan kepada anak mereka.

Dalam beberapa studi sebelumnya juga banyak yang menyebutkan bahwa tidur malam yang cukup bagi seorang anak akan berdampak positif bagi prestasi akademik anak. Hal ini dikarenakan dengan tidur yang cukup maka fisik dan otak anak akan terjaga dengan baik fungsinya. Sehingga saat bersekolah anak akan mudah untuk menangkap pelajaran yang diajarkan oleh guru mereka. Disamping faktor tidur, jenis makanan juga sangat berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak anak.


Artikel Terkait : Ini Manfaat Tidur Dengan Kondisi Lampu Yang Gelap
anak yang tidur cukup pada malam hari terbukti pintar matematika, Benarkah Ada Kaitan Antara Anak Pintar Matematika Dengan Tidur Cukup Pada Malam Hari, hubungan tidur cukup terhadap prestasi akademik anak

Posting Komentar untuk "Benarkah Ada Kaitan Antara Anak Pintar Matematika Dengan Tidur Cukup Pada Malam Hari ?"

banner 800x90