> Cara Melatih Anak Untuk Mempunyai Ketrampilan Sosial - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 16, 2019

Cara Melatih Anak Untuk Mempunyai Ketrampilan Sosial

sumber gambar : tokomainananak.com

Hikmahdanhikmah.com – Kita semua tahu kalau manusia termasuk makhluk sosial yang pasti membutuhkan orang lain. Oleh karena itu manusia memerlukan interaksi sosial dengan orang lain untuk memenuhi banyak kebutuhan. Untuk mewujudkan hal ini, maka sejak usia anak perlu didik untuk mempunyai ketrampilan sosial yang baik. Sebagai contohnya adalah orang tua harus menjadi contoh yang baik.

Dalam hal ini pola asuh kepada anak sangatlah penting untuk menentukan ketrampilan anak dalam bersosialisasi dengan orang lain. Sering kali kita melihat orang tua yang melakukan pembatasan terhadap interaksi anak untuk pilih-pilih dalam urusan mencari teman, jika pola asuh seperti ini yang diberikan, maka anak akan tumbuh menjadi orang yang sulit bergaul.
Menurut seorang pakar psikolog mengatakan bahwa kemampuan anak dalam bersosialisasi dengan orang lain sangat erat kaitannya dengan pola asuh orang tua. Bapak dan ibu menjadi contoh dan panutan anak dalam berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga : Pentingnya Peran Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak
Oleh karena itu orang tua dituntut untuk banyak memberikan pelajaran sosialisasi kepada anak dengan sering mengajak anak bermain dengan anak seusia. Sering melakukan pertemuan dengan orang-orang baru yang melatih anak untuk mampu berinteraksi dengan orang baru.
Meskipun melatih anak untuk bergaul dengan orang lain sangat penting, namun tidak disarankan untuk memaksa anak dalam hal berhubungan dengan orang lain. Orang tua juga harus mengerti jika anak masih usia 1-3 tahun memang masih cenderung untuk takut dengan orang lain terlebih dengan orang yang belum dia kenal.

Namun jika anak sudah menginjak usia 4-6 tahun, maka secara perkembangan anak sudah bisa untuk mengontrol diri, senang bercanda dengan orang lain, bisa bergiliran dengan orang lain dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Pada usia ini orang tua harus lebih banyak melatih kemampuan sosial anak.

Untuk bisa membuat anak mempunyai ketrampilan sosial yang baik, tidak cukup hanya memberi contoh bagaimana cara bergaul dengan orang lain saja, memberikan asupan nutrisi yang seimbang juga sangat penting untuk menunjang kemampuan sosial anak.
Secara fisiologis, jika kebutuhan nutrisi anak bisa tercukupi maka anak akan berkembang menjadi anak yang sehat, cerdas, kemampuan bahasa yang baik, tidak mudah stres dan mampu melakukan kontrol terhadap emosinya yang menjadi bekal dalam bersosialisasi dengan orang lain.


Mendidik anak untuk mempunyai ketrampilan sosial sejak dini sangat penting untuk menjadikan pribadi anak yang mudah bergaul dan bisa diterima oleh orang lain. Dengan begitu anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh, bisa menyelesaikan masalah, punya ketrampilan hidup yang lebih kompleks dan mempermudah anak dalam pergaulan sekolah.

Artikel Terkait : Pentingnya Mengajak Anak Jalan-jalan
Cara Melatih Anak Untuk Mempunyai Ketrampilan Sosial, cara mendidik anak bersosialisasi dengan orang lain, cara mengajari anak berinteraksi dengan orang lain, cara mengajari anak bersosialisasi dengan orang lain, tips mengajari anak bersosialisasi dengan orang lain, tips meningkatkan ketrampilan sosial anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar